PENGARUH PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PADA SISWA DI SD NEGERI TEMON II ARJOSARI KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR

NURUL MIARATISKA (2012) PENGARUH PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PADA SISWA DI SD NEGERI TEMON II ARJOSARI KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
cover 1.pdf

Download (125kB)
Official URL: http://poltkkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kebiasaan siswa dalam mencuci tangan pakai sabun hingga kini masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan,sikap dan praktik siswa tentang cuci tangan pakai sabun. Dari data absensi kehadiran Siswa SD Negeri Temon II tahun ajaran 2011 hingga akhir bulan November diperoleh data ketidakhadiran siswa karena sakit sebanyak 14 siswa. Sakit yang diderita siswa antara lain batuk, pilek, kecacingan dan juga diare. Dari uji pendahuluan yang dilakukan kepada 10 siswa didapatkan bahwa 90% siswa tidak cuci tangan pakai sabun dan 10% sisanya cuci tangan pakai sabun setelah buang air besar (BAB). Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan praktik cuci tangan pada siswa di SD Negeri Temon II Arjosari sebelum dan setelah mendapatkan penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun. Variabel Penelitian : Variabel bebas penelitian ini adalah penyuluhan metode ceramah tentang cuci tangan. Sedangkan variable terikatnya adalah pengetahuan, sikap dan praktik cuci tangan pakai sabun. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasiexperiment) dengan rancangan One Group pretest-posttest Design. Lokasi Penelitian di SDN Temon II Arjosari. Populasi sebanyak 103 siswa dengan responden sebanyak 64 siswa yang diambil menggunakan Teknik Random Sampling. Data diolah menggunakan Uji Wilcoxon Rank Test dengan taraf signifikan α = 0.05. Hasil : Berdasarkan Uji Wilcoxon Rank Test diperoleh nilai P =0,000, yang artinya Ada perbedaan bermakna pengetahuan, sikap dan praktik siswa SDN Temon II sebelum dan setelah mendapatkan penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun. Kesimpulan : Ada perbedaan bermakna pengetahuan, sikap dan praktik siswa SDN Temon II sebelum dan setelah mendapatkan penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun. Kata Kunci : Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Praktik, Cuci Tangan Pakai Sabun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:39
Last Modified: 08 Oct 2020 02:39
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item View Item