Hubungan Beban Kerja Perawat Ruang Operasi Dengan Kejadian Low Back Pain Pada Perawat Ruang Operasi di RSUD Kota Yogyakarta

Jessi Indriasari, and Harmilah, and Maryana, (2017) Hubungan Beban Kerja Perawat Ruang Operasi Dengan Kejadian Low Back Pain Pada Perawat Ruang Operasi di RSUD Kota Yogyakarta. skripsi thesis, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta.

[img] Text
naskah publikasi.pdf

Download (201kB)

Abstract

Nyeri punggung bawah dapat mengenai siapa saja, tak terkecuali petugas kesehatan. Salah satu pekerjaan yang beresiko untuk terjadinya nyeri punggung bawah adalah perawat. Beban kerja pada perawat seringkali berakibat pada keluhan nyeri punggung bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja perawat dengan angka kejadian low back pain pada perawat di lingkup kerja ruang operasi RSUD Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan crosssectional dengan jumlah sampel sebanyak 16 responden. Pengambilan sampel secara total sampling. Uji hipotesis menggunakan uji chi square. Hasil dari penelitian ini adalh ada hubungan antara beban kerja perawat ruang operasi dengan kejadian low back pain pada perawat ruang operasi, diketahui bahwa nilai signifikansi 0,032 maka hipotesis diterima. Perawat yang pernah mengalami keluhan LBP sebanyak 14 orang (78,5%). Prerawat dengan beban kerja tinggi sebanyak 11 responden (75%). Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara beban kerja perawat ruang operasi dengan kejadian low back pain. Kata Kunci : beban kerja, low back pain, perawat ruang operasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email server@poltekkesjogja.ac.id
Date Deposited: 08 May 2018 03:56
Last Modified: 08 May 2018 03:56
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item