Gambaran Pola Komunikasi Orang Tua Dan Perilaku Anak Pengguna Video Game Di SMP N 3 Gamping Sleman Tahun 2015

Rifaldi zulkarman (2015) Gambaran Pola Komunikasi Orang Tua Dan Perilaku Anak Pengguna Video Game Di SMP N 3 Gamping Sleman Tahun 2015. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogykarta.

[img] Text
KTI ALDI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://poltkkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Seiring perkembangan teknologi permainan video game semakin banyak di gemari kalangan masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Video game memberi dampak yang mampu mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak. Orang tua perlu memberikan perhatian dan sikap yang lebih bagi anak pengguna video game. Perhatian dan sikap ini harus selaras dengan cara orang tua berkomunikasi. Cara berkomunikasi yang efektif akan mampu mengontrol anak pengguna video game. Anak dengan pola komunikasi yang baik akan mampu menilai baik dan buruknya apabila terlampau bermain video game. Hal ini juga mampu menjauhkan anak dari perilaku yang kurang baik yang tidak diharapkan oleh orang tua. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola komunikasi orang tua dan perilaku anak pengguna video game di SMP N 3 Gamping Sleman Yogyakarta tahun 2015 Metode Penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif. Penelitian dilakukan pada maret 2015. Lokasi penelitian di SMP N 3 Gamping Sleman. Subjek penelitian adalah anak usia remaja awal pengguna video game sejumlah 49 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner berisi pertanyaan mengenai pola komunikasi orang tua pada anak dan perilaku anak pengguna video game. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil Penelitian. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa 44,9 % pola komunikasi orang tua authoritative, 18,4 % pola komunikasi permissive, 36,7 % pola komunikasi authotarian. Sedangkan perilaku anak pengguna video game 81,6 % perilaku anak baik dan 18,4 % perilaku anak buruk. Kesimpulan. Pola komunikasi orang tua pada anak pengguna video game mayoritas authoritative dan perilaku anak pengguna video game mayoritas baik. Kata kunci : Anak usia remaja, pola komunikasi, video game

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: editor ed
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:21
Last Modified: 17 Sep 2020 04:21
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item