EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI MELALUI RODA PUTAR DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA SD

Eka Rizky Hidayah (2020) EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI MELALUI RODA PUTAR DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA SD. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstract.pdf

Download (295kB)
[img] Text
4. Chapter 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Chapter 2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
6. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
7. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
8. Conclusion.pdf

Download (182kB)
[img] Text
9. References.pdf

Download (416kB)
[img] Text
10. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang: Pendidikan gizi sangat penting bagi anak usia sekolah. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan gizi adalah media. Tujuan: Mengetahui efektivitas media roda putar dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa SD. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pre test post test with control group design. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pengetahuan gizi meliputi Tumpeng Gizi Seimbang, Piring Makanku, aktivitas fisik, dan PHBS dengan media roda putar dan leaflet. Subyek adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kota Yogyakarta yang dipilih secara random dengan memperhatikan homogenitas strata sekolah, masing-masing sebanyak 28 siswa. Pengetahuan dan sikap diukur dengan cara mengisi kuesioner sebelum dan setelah intervensi. Data dianalisis dengan Independent Sample T-Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi dengan roda putar dan leaflet meningkatkan pengetahuan gizi seimbang masing-masing sebesar 2,4 (p=0,000) dan 1,0 (p=0,009). Sementara intervensi roda putar dan leaflet meningkatkan sikap positif siswa terhadap gizi seimbang masing-masing sebesar 6,1 (p=0,000) dan 2,5 (p=0,031). Roda putar meningkatkan pengetahuan gizi seimbang lebih tinggi dibanding leaflet 1,4 (p=0,003), demikian juga dengan peningkatan sikap 3,6 (p=0,030). Kesimpulan: Edukasi dengan media roda putar lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap positif tentang gizi seimbang dibanding leaflet. Kata Kunci: Gizi Seimbang, Roda Putar, Leaflet, Pengetahuan, Sikap

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:46
Last Modified: 23 Sep 2021 06:53
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item