PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Atikah Rahmasari (2020) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Chapter I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Chapter II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Chapter III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Chapter IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Reference.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Usia anak sekolah dasar memang sedang senang jajan karena di masa ini terjadi peningkatan nafsu makan. Upaya membentengi anak sekolah dasar dari pangan tidak aman dapat dilakukan dengan edukasi. Edukasi dapat menambah pengetahuan apabila menggunakan media yang tepat. Salah satu media tersebut yaitu kartu bergambar tentang bahan tambahan pangan. Tujuan : Mengetahui pengaruh penggunaan kartu bergambar tentang pengetahuan bahan tambahan pangan pada siswa sekolah dasar. Metode : Penelitian eksperimental semu dengan desain pre-test dan post-test with control group design. Kelompok eksperimen diberikan media kartu bergambar dan kelompok kontrol diberikan media powerpoint. Untuk menguji hipotesis digunakan uji paired t-test dan uji independent t-test. Hasil : Pada kelompok media kartu bergambar ada perbedaan nilai skor pre-test dan post-test (p=0,005). Pada kelompok media powerpoint ada perbedaan nilai skor pre-test dan post-test (p=0,000). Tidak terdapat perbedaan nilai pengetahuan antara kelompok media kartu bergambar dan kelompok media powerpoint dibuktikan dengan nilai (p=0,691). Tidak terdapat perbedaan keefektivitasan media kartu bergambar dan media powerpoint (p=0,585). Secara statistik memang tidak bermakna tetapi secara deskriptif media kartu bergambar mampu menambah pengetahuan siswa tentang bahan tambahan pangan dibandingkan media powerpoint. Dilihat dari rata-rata skor post-test, kelompok media kartu bergambar lebih tinggi dari kelompok media powerpoint (14,48 : 14,16). Kesimpulan : Ada perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah pemberian media kartu bergambar. Ada perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah pemberian media powerpoint. Secara deskriptif ada peningkatan pengetahuan antara kelompok media kartu bergambar dan media powerpoint, namun secara statistik tidak menunjukkan perbedaan nilai. Tidak ada perbedaan efektivitas yang signifikan. Kata Kunci : Pengetahuan, Bahan Tambahan Pangan, Kartu Bergambar, Powerpoint

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:24
Last Modified: 04 Mar 2022 04:44
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item