PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU MEWARNAI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG ISI PIRINGKU PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI SURYODININGRAT 1

zhaza pratiwi Romadhoni (2020) PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU MEWARNAI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG ISI PIRINGKU PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI SURYODININGRAT 1. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (NUTRITION EXPOSURE USING COLOR BOOK MEDIA TO IMPROVE KNOWLEDGE ABOUT MY SCIENCE CONTENT IN ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN IN SURYODININGRAT 1 STATE ELEMENTARY SCHOOL)
ZHAZA PRATIWI ROMADHONI_P07131319025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
Awal.doc.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Chapter1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Chapter2.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (149kB)
[img] Text
References.pdf

Download (235kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang : Sebagian besar anak dengan usia >5 tahun di Indonesia kurang mengkonsusmsi buah dan sayur. Di Kota Yogyakarta khusus Kabupaten Kota Yogyakarta, hanya 6,55% orang yang memenuhi persyaratan asupan buah dan sayur setiap hari. Metode pendidikan yang bervariasi sangat penting untuk pengetahuan gizi pada anak. Tujuan : Untuk membandingkan efektifitas buku mewarnai dan leaflet untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang buah-buahan dan sayur-sayuran. Metode: Jenis metode pada penelitian ini adalah quasy experimental dengan desain penelitian pre dan post test menggunakan kelompok kontrol yang dilakukan pada 58 anak sekolah dasar di Kota Yogyakarta pada tahun 2020. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok intervensi (mewarnai dan leaflet). Intervensi dilaksanakan 2 kali pertemuan, petemuan ke 2 dilakukan setelah satu minggu. Kuesioner pengetahuan pre dan post test diisi oleh peserta langsung. Data di analisis dengan menggunakan uji independent sample t test menggunakan SPSS. Hasil : Pendidikan gizi dengan menggunakan media buku mewarnai dapat meningkatkan skor rata-rata anak sebesar 42,2 (p= 0,0001), sedangkan pendidikan gizi dengan leaflet hanya meningkatkan skor rata-rata sebesar 1,8 (P= 0,096). Skor rata-rata pengetahuan anak dalam kelompok mewarnai secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok leaflet (p=0,000). Kesimpulan : Pendidikan gizi dengan menggunakan media buku mewarnai lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan anak dibandingkan dengan pendidikan gizi menggunakan media leaflet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:20
Last Modified: 04 Mar 2022 04:44
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item