PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TENTANG KARIES GIGI TERHADAP PENGETAHUAN KARIES GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Adina Ridha Azhari (2020) PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TENTANG KARIES GIGI TERHADAP PENGETAHUAN KARIES GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (87kB)
[img] Text
References.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ADINA RIDHA AZHARI_P07125216005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Study pendahuluan dilakukan masing-masing 10 siswa didapatkan 80% di SDN 1 Bumirejo Wonosobo dan 70% di SDN 1 Pungangan Wonosobo belum memahami pengetahuan karies gigi. Dari hasil pemeriksaan gigi dan mulut di SDN 1 Bumirejo Wonosobo dan SDN 1 Pungangan Wonosobo 70% siswa mempunyai karies pada gigi. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh media Busy Book tentang karies gigi terhadap pengetahuan karies gigi pada anak sekolah dasar. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group. Instrument penelitian menggunakan kuesioner karies gigi dan cara mengukur pengetahuan menggunakan data ordinal. Populasi penelitian siswa kelas IV SDN 1 Bumirejo Wonosobo dan SDN 1 Pungangan Wonosobo. Sampel berjumlah 56 siswa usia 10-11 tahun, 28 siswa merupakan kelompok eksperimen yang diberikan penyuluhan dengan media Busy Book dan 28 siswa merupakan kelompok kontrol yang diberikan penyuluhan menggunakan metode ceramah. Analisis data menggunakan Wilcoxon Test untuk mengetahui nilai pretest dan posttest tentang karies gigi, Mann-Whitney Test untuk mengetahui perbandingan pengetahuan karies gigi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Hasil Penelitian : Selisih tingkat pengetahuan karies gigi dengan kategori baik pada kelompok eksperimen 53,57% dan kelompok kontrol 42,85%, analisis Uji Wilcoxon-Test menunjukkan nilai p=0,00 (p<0,05). Analisis Mann-Whitney menunjukkan mean rank kelompok eksperimen 41,00 > 16,00 kelompok kontrol. Terdapat perbedaan yang signifikan antara penyuluhan dengan media Busy Book dan penyuluhan menggunakan metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan karies gigi. Kesimpulan : Media Busy Book sebagai media promosi kesehatan gigi dan mulut berpengaruh untuk meningkatkan pengetahuan karies gigi pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Busy Book, Pengetahuan Karies Gigi

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 09 Sep 2020 06:48
Last Modified: 04 Mar 2022 04:42
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item