TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKATKAN PENGETAHUAN PHBS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Resilia Wihandesi (2020) TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKATKAN PENGETAHUAN PHBS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Reference.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RESILIA WIHANDESI_P07120117033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

LITERATURE REVIEW PENERAPAN TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PHBS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH Resilia Wihandesi1 Agus Sarwo Prayogi2 Eko Suryani3 Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email: resiliadesi9@gmail.com ABSTRAK Latar belakang:Pengetahuan siswa tentang perilaku hidup sehat sangatlah penting, karena pengetahuan siswa yang tinggi terhadap perilaku hidup sehat akan menjadi pendorong timbulnya usaha sadar anak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya melalui perilaku hidup sehat. Tujuan:. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi terapi ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan tentang PHBS Metode: Penelitian ini merupakan penelitian sekunder berjenis literature review. Pengumpulan data penulis menggunakan kata kunci yang sudah disusun yaitu menggunakan kata terapi bermain ular tangga, PHBS dan anak usia pra sekolah dengan menelusuri artikel free fulltexs dari Pudmed, Google Search dan Garuda. Jurnal kemudian diseleksi menggunakan kriteria nklusi dan ekslusi dan didapatkan 5 artikel terkait pada tahun 2015-2020 Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis intervensi keperawatan terkini dalam penerapannya untuk meningkatkan pengetahuan anak pra sekolah dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Hasil: Penelitian ini menggunakan media alternatif permainan ular tangga yang bertujuan untuk meningkatkan stimulasi panca indra sehingga responden memperoleh pemahaman dan membentuk kesadarannya untuk melaksanakan PHBS. Keutungan dari penerapan terapi bermain ini adalah menyenangkan, memungkinkan adanya partisipasi untuk belajar, memberikan umpan balik, memungkinkan anak untuk memecahkan masalah-masalah, memberikan pengalamanpengalaman nyata,serta membantu meningkatkan kemampuan komunikatifnya. Terapi bermain ular tangga dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang PHBS. Kesimpulan: Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan terapi bermain ular tangga merupakan salah satu stimulus untuk meningkatkan pengetahuan anak dalam PHBS. Kata Kunci : terapi bermain ular tangga, pengetahuan, PHBS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:08
Last Modified: 07 Sep 2021 08:09
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item