PENGGUNAAN PERMAINAN KOTAK TIGA DIMENSI SEBAGAI ALAT BANTU PENYULUHAN PEMILAHAN SAMPAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK ANAK TK ABA KRICAK KIDUL

OPHELEIA MARGRET QMG MUNTHE (2020) PENGGUNAAN PERMAINAN KOTAK TIGA DIMENSI SEBAGAI ALAT BANTU PENYULUHAN PEMILAHAN SAMPAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK ANAK TK ABA KRICAK KIDUL. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI OPHELIA MUNTHE 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Anak usia dini merupakan masa golden age yang berkaitan dengan pengembangan karakter dan kebiasaan. Penting bagi orang dewasa memberikan contoh yang baik untuk anak-anak salah satunya adalah menempatkan sampah ke tempat sampah yang terpilah agar anak bukan hanya sebagai penghasil tetapi juga sebagai pengolah karena sampah bisa menjadi bencana yang bisa merugikan masyarakat. Penggunaan permainan kotak tiga dimensi merupakan alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik anak dalam melakukan pemilahan sampah. Kotak tiga dimensi ini berisi informasi berbagai gambar sampah yang sesuai dengan jenisnya yang terdapat tempat sampah tiruan di dalamnya yang akan digunakan sebagai media permainan dalam mengelompokkan jenis sampah. Tujuan penelitian diketahuinya pengaruh penggunaan permainan kotak tiga dimensi sebagai alat bantu penyuluhan pemilahan sampah terhadap perilaku anak TK. Jenis penelitian ini Quasi Eksperiment dengan desain Non Equivalent Control Group. Subjek Penelitian ini anak berumur 5-6 tahun sebanyak 45 anak yang dibagi menjadi 3 kelompok, 15 anak sebagai kelompok X1 dari TK ABA Kricak Kidul, 15 anak sebagai kelompok X2 dari TK Among Siwi, dan 15 anak sebagai kelompok X3 TK Among Putro. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan rata-rata nilai selisih dengan uji deskriptif menggunakan Toolpack Excel dan Gain Score dan dianalis menggunakan Kruskal-Wallis dengan SPSS23 dengan tingkat signifikasi 0,05 maka didapatkan hasil pengetahuan 9,8 (5,13%) dengan p-value=0.000 , sikap 6,2 (1,7%) dengan p-value=0.000 dan praktik 2,53 (0,91%) dengan pvalue= 0.024 sehingga menunjukkan ada beda yang bermakna penggunaan alat bantu kotak tiga dimensi pada penyuluhan pemilahan sampah terhadap pengetahuan, sikap dan praktik anak TK. Kata kunci : Kotak tiga dimensi, pemilahan sampah, perilaku, anak TK.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan
Depositing User: analis
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:33
Last Modified: 17 Jun 2020 03:33
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/2600

Actions (login required)

View Item View Item