Efektifitas Video Modeling ASI Terhadap Kesiapan Ibu dalam Menyusui Eksklusif di Kota Yogyakarta

Sari Candra Dewi and Ana Ratnawati (2016) Efektifitas Video Modeling ASI Terhadap Kesiapan Ibu dalam Menyusui Eksklusif di Kota Yogyakarta. Caring : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3 (1). pp. 15-21. ISSN 1978-5752

[img] Text
caring-anaratna.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://e-journal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/ca...

Abstract

Latar Belakang: Cakupan ASI eksklusif 0-6 bulan pada tahun 2013 di Indonesia mencapai 54,3% dengan cakupan terendah di Propinsi Maluku sebesar 25,2%dan tertinggi di Propinsi NTB sebesar 79,9%. Pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan memerlukan dukungan, motivasi dan kesiapan ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif pada bayi. Video modeling ASI adalah salah satu metode pembelajaran yang berisi tentang menyusui ekslusif, cara-cara memerah, menyimpan dan menyajikan ASI untuk bayinya. Tujuan: diketahuinya perbedaan video modelling ASI terhadap kesiapan ibu dalam menyusui eksklusif di Kota Yogyakarta Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik dengan rancangan Quasi experiment pre-post test without control design. Penelitian dilakukan di Puskesmas Mergangsan dan Mantrijeron dengan melibatkan 30 orang ibu hamil pada bulan Oktober-November 2015. Hasil: Hasil analisis uji t-independent menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan rata-rata skor kesiapan ibu dalam menyusui eksklusif antara sebelum dan sesudah pemberian video modeling ASI (p=0,000). Simpulan: Pemberian video modeling meningkatkan kesiapan ibu menyusui eksklusif Kata kunci: video modeling, ASI, Kesiapan

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email server@poltekkesjogja.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2020 10:03
Last Modified: 15 Apr 2020 00:14
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item