PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN 2019

Rohmi Wahyuningsih*, and Siti Tyastuti, and Dwiana Estiwidani PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN 2019.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (213kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Kanker Payudara merupakan jenis tumor ganas yang menjadi pembunuh nomor satu perempuan. Prevalensi kanker payudara di Indonesia tertinggi di DIY sebesar 2,4%. Berdasarkan wawancara dengan delapan siswi di SMA Negeri 1 Sanden secara acak didapatkan hasil: dua siswi (25%) pernah mengetahui istilah SADARI dan enam siswi (75%) belum mengetahui istilah SADARI. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang SADARI pada siswi kelas X SMA Negeri 1 Sanden Tahun 2019. Metode Penelitian: Penelitian dilaksanakan dengan quasi experimental research. Rancangan penelitian dengan pre test – post test dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian 36 siswi kelas X SMA Negeri 1 Sanden untuk kelompok eksperimen dan 36 siswi kelas X SMA Negeri 1 Pundong untuk kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Pada kelompok eksperimen, terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap dengan p-value 0.000 sedangkan pada kelompok kontrol, terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap dengan p-value masing-masing sebesar 0.010 dan 0.000. Terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 20,16 dengan p-value 0.000 dan sikap sebesar 16,66 dengan p-value 0.001. Kesimpulan: Ada pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang SADARI

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: analis
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:46
Last Modified: 18 Jun 2020 02:19
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item