Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi dengan sisa makanan pasien di ruang VIP RS Panti Rapih Yogyakarta

Bernadeth Dwi Wahyunani, Bernadeth Dwi Wahyunani and Joko Susilo, Joko Susilo and Lastmi Wayansari, Lastmi Wayansari (2017) Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi dengan sisa makanan pasien di ruang VIP RS Panti Rapih Yogyakarta. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4BERNADETH DWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dari penyelenggaraan makanan di rumah sakit dapat dilihat dari kepuasan pasien. Penilaian kepuasan pasien adalah salah satu cara pendekatan yang cukup efektif, murah dan mudah dalam upaya menjaga mutu pelayanan di rumah sakit. Indikator mutu pelayanan gizi yang lain adalah sisa makanan. Sisa makanan yang tinggi menunjukkan asupan gizi pasien tidak adekuat dan secara ekonomis menunjukkan banyaknya biaya yang terbuang. Tujuan dari penelitian ini diketahuinya tingkat kepuasan pasien, sisa makanan pasien dan hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi dengan sisa makanan di ruang VIP RS Panti Rapih Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah cross-sectional analitik dengan responden adalah pasien rawat inap di ruang VIP yang mendapatkan diet makanan biasa (n=50). Data sisa makanan diperoleh dengan metode visual Comstock skala 6 poin. Kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi, meliputi aspek citarasa makanan, variasi menu, kebersihan dan keutuhan alat makan, ketepatan waktu penyajian, penampilan petugas dan edukasi gizi. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square. Sebanyak 62% responden berjenis kelamin perempuan dengan rata-rata usia responden adalah 35 tahun. Responden yang rata-rata sisa makanannya baik sebanyak 60 %. Rata-rata sisa makanan adalah 24,62 %. Rata-rata sisa makanan terbanyak pada makan pagi sebesar 31,42%. Rata-rata sisa makanan tertinggi adalah jenis makanan pokok yaitu 35,62 %. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi sebesar 56 %. Uji statistik menggunakan chi-square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi dengan sisa makanan pasien di ruang VIP RS Panti Rapih Yogyakarta. Kata Kunci : Sisa Makanan, Kepuasan Pasien, Visual Comstock, Makanan Biasa

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: > Jurusan
Depositing User: Unnamed user with email server@poltekkesjogja.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:36
Last Modified: 16 Oct 2017 05:36
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item