KADAR BILIRUBIN DIRECT PADA PASIEN HIPERTENSI YANG DIPERIKSA SEGERA, 4 JAM, DAN 8 JAM YANG DISIMPAN PADA SUHU 20-25°C

David, Jaya (2023) KADAR BILIRUBIN DIRECT PADA PASIEN HIPERTENSI YANG DIPERIKSA SEGERA, 4 JAM, DAN 8 JAM YANG DISIMPAN PADA SUHU 20-25°C. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (380kB)
[img] Text (Abstact)
Abstract.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter1.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 3)
Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 4)
Chapter4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (136kB)
[img] Text (References)
References.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang Masalah: Hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit karena berkontribusi pada komplikasi berbagai penyakit atau gangguan pada organ yang memperparah penyakit lainnya, tetapi beberapa penelitian menunjukkan Tidak ada hubungan langsung antara bilirubin dan hipertensi. penundaan ini dilakukan karena di laboratorium kesehatan atau laboratorium klinik, permintaan dokter untuk pengulangan pemeriksaan atau penambahan pemeriksaan karena di temukan klinis lain yang memerlukan pemeriksaan bilirubin Direct. Tujuan: Untuk mengetahui Penurunan Kadar Billirubin Direct pada Pasien Hipertensi yang Diperiksa segera , 4 Jam dan 8 jam pada Suhu 20-25 ⁰C. Metode: Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah pasien penderita hipertensi Puskesmas Gondokusuman 2 sebanyak 40 orang. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2023. Kadar Billirubin Direct diukur menggunakan alat kimia analyzer Cobas C501 dengan metode Spektrofotometri. Setelah itu dilakukan uji statistics uji normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk Test untuk mengetahui sebaran data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji statistik Friedmann karna data berdistribusi tidak normal selanjutnya untuk melihat pengaruh penurunan uji Wilcoxon berfungsi untuk menguji perbedaan antar data berpasangan. Hasil Rata-rata kadar Billirubin Direct serum yang di periksa segera adalah 0.20 Mg/dL, setelah disimpan selama 4 jam 0.19 Mg/dL, setelah disimpan selama 8 jam 0.18 Mg/dL pada suhu 20-25 ⁰C, Selisih rerata kadar Billirubin Direct yang di periksa segera dan ditunda 4 jam pada Suhu 20-25 ⁰C adalah 0.01 Mg/dL ( 5 % ) dan kadar Billirubin Direct yang di periksa segera dan ditunda 8 jam pada Suhu 20-25 ⁰C adalah 0,02 Mg/dL ( 10 % ). Kesimpulan: Terjadi Penurunan Kadar Billirubin Direct pada Pasien Hipertensi yang Diperiksa segera , 4 Jam dan 8 jam pada Suhu 20-25 ⁰C. Kata kunci: Bilirubin Direct, Waktu Penundaan Pemeriksaan, Serum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bilirubin Direct, Waktu Penundaan Pemeriksaan, Serum. Kata kunci: Bilirubin Direct, Waktu Penundaan Pemeriksaan, Serum. Kata kunci: Bilirubin Direct, Waktu Penundaan Pemeriksaan, Serum.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Teknologi Laboratorium Medis > Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:03
Last Modified: 09 Sep 2024 02:03
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17858

Actions (login required)

View Item View Item