STUDI DESKRIPTIF SANITASI SARANA PRODUKSI DI INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN MI LETHEK KALURAHAN TRIMURTI BANTUL TAHUN 2024

Nabila Shafa, Helmalia (2024) STUDI DESKRIPTIF SANITASI SARANA PRODUKSI DI INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN MI LETHEK KALURAHAN TRIMURTI BANTUL TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (67kB)
[img] Text
References.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
KTI NABILA SHAFA HELMALIA_P07133121004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Sarana yang ada pada industri produksi pangan memiliki peran yang sangat penting terhadap pencegahan resiko kesehatan dan keamanan produk. Penyakit bawaan makanan merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat yang banyak terjadi di Indonesia dan menjadi salah satu penyebab kesakitan bahkan kematian di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kondisi sanitasi sarana produksi pangan dan personal higiene tenaga kerja pada 2 (dua) Industri Rumah Tangga Pangan Mi Lethek di Kalurahan Trimurti yang mengacu pada Perka BPOM Nomor HK.03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012 tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) dan Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 tentang Kesehatan Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan analisis deskriptif dan metode yang digunakan yaitu observasi. Hasil penelitian pada IRTP Mi Lethek A diperoleh 1 ketidaksesuaiaan minor, 2 ketidaksesuaiaan mayor, 9 ketidaksesuaiaan serius, dan 9 ketidaksesuaiaan kritis. Sedangkan hasil penilaian sanitasi sarana produksi di IRTP Mi Lethek B diperoleh 1 ketidaksesuaiaan minor, 1 ketidaksesuaiaan mayor, 8 ketidaksesuaiaan serius, dan 7 ketidaksesuaiaan kritis. Sehingga, didapatkan hasil bahwa sanitasi sarana produksi kedua IRTP Mi Lethek di Kalurahan Trimurti mendapatkan kategori yang sama yaitu level 4. Hasil penelitian pada personal higiene di kedua IRTP Mi Lethek diperoleh 4 kondisi yang sesuai dengan persyaratan dan 9 kondisi yang tidak sesuai dengan persyaratan. Dari hasil tersebut kedua IRTP Mi Lethek mendapatkan skor yang sama sebesar 30,8% sehingga masuk dalam kategori Tidak Memenuhi Syarat. Kata Kunci : Sanitasi Sarana Produksi, Personal Higiene, Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi Sarana Produksi, Personal Higiene, Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:09
Last Modified: 09 Sep 2024 02:09
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item