Perbedaan Variasi Waktu dan Kecepatan Sentrifugasi terhadap Hasil Pemeriksaan Kadar Kolesterol Total

Rahmawati, Erly Tri (2024) Perbedaan Variasi Waktu dan Kecepatan Sentrifugasi terhadap Hasil Pemeriksaan Kadar Kolesterol Total. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Cover Awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (372kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (693kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (491kB)
[img] Text
8. Reference.pdf

Download (620kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pembuatan serum merupakan salah satu proses praanalitik. Kesalahan pada tahap praanalitik masih sering terjadi. Agar tercapainya waktu tunggu setiap jenis pemeriksaan, maka teknisi melakukan beberapa cara salah satunya dengan menambah kecepatan dan mengurangi waktu sentrifugasi. Penanganan sampel darah yang disentrifugasi yang tidak tepat akan menyebabkan rusaknya enzim lipoprotein dan menyebabkan hasil rendah palsu pada pemeriksaan kadar kolesterol total. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil pemeriksaan kadar kolesterol total pada sampel yang disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm 15 menit, 6000 rpm 10 menit dan 9000 rpm 5 menit. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta berjumlah 10 orang. Data disajikan dalam bentuk tabel data primer dan dianalisis menggunakan analisis deskrriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian : Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kadar kolesterol total pada sampel yang disentrifugasi dengan kecepatan 9000 rpm 5 menit dan Tidak ada perbedaan kadar kolesterol total pada sampel yang disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm 15 menit dan 6000 rpm 10 menit. Kesimpulan : Ada perbedaan kadar kolesterol total pada serum yang disentrifugasi dengan kecepatan 9000 rpm 5 menit. Tidak ada perbedaan kadar kolesterol total pada serum yang disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm 15 menit dan 6000 rpm 10 menit. Kata Kunci : Kolesterol total, sentrifugasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kolesterol Total, Sentrifugasi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Teknologi Laboratorium Medis > Program Studi DIII Teknologi Laboratorium
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 03 Sep 2024 09:18
Last Modified: 03 Sep 2024 09:18
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17706

Actions (login required)

View Item View Item