ESTIMASI JUMLAH LAPANG PANDANG PEMERIKSAAN TROMBOSIT MENGGUNAKAN MIKRSOPKOP FIELD NUMBER (FN) 18

Bayu Saputra, Angga (2024) ESTIMASI JUMLAH LAPANG PANDANG PEMERIKSAAN TROMBOSIT MENGGUNAKAN MIKRSOPKOP FIELD NUMBER (FN) 18. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (554kB)
[img] Text (Abstract)
Abstrac.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB I)
Chapter I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
Chapter II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB III)
Chapter III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
Chapter IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Conclusion.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Referensi)
References.pdf

Download (188kB)
[img] Text (Lampiran)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pemeriksaan hitung jumlah trombosit dilakukan untuk mendiagnosis berbagai kondisi terkait trombosit. Ada dua metode utama SADT (manual) dan Hematology Analyzer (otomatis). Meskipun Hematology Analyzer lebih cepat, metode SADT tetap diperlukan untuk validasi hasil ekstrem. SADT lebih murah dan mudah sehingga sering digunakan, namun memiliki kelemahan yaitu persebaran trombosit yang tidak merata dan ketelitian petugas yang dapat mempengaruhi hasil. Salah satu faktor penting yang sering diabaikan adalah field number mikroskop. Semakin besar field number, semakin luas lapang pandang yang diamati, sehingga meningkatkan akurasi perhitungan. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui jumlah lapang pandang yang dibutuhkan pada pemeriksaan hitung trombosit menggunakan mikroskop Field Number 18. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan deskriptif dengan metode pendekatan observasional. Dimana penelitian dilakukan sesaat atau dalam periode waktu tertentu dengan subjek penelitian hanya dilakukan satu kali pengamatan selama penelitian. Digunakan sebanyak 32 sampel yang merupakan mahasiswa semester VI Program Studi Diploma Tiga Jurusan Teknologi Laboratorium Medis. Sampel yang di dapat diperiksa dengan alat HA dan di lanjut membuat apusan darah serta dilakukan pengecatan. Setelah pengecatan selesai dan kering,kemudian diamati menggunakan mikroskop FN 18 dengan acuan nilai trombosit pada HA sehingga didapat jumlah trombosit dan jumlah lapang pandang. Hasil Penelitian : Hasil perhitungan yang didapatkan, estimasi jumlah lapang pandang yang dibutuhkan untuk pemeriksaan trombosit dengan metode sediaan apusan darah tepi menggunakan mikroskop field number 18 adalah 18 lapang pandang. Kesimpulan : Hasil estimasi jumlah lapang pandang pemeriksaan trombosit metode sediaan apus darah tepi menggunakan mikroskop field number 18 adalah 18 lapang pandang. Kata Kunci : Field Number, Trombosit, Lapang Pandang, Estimasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Field Number, Trombosit, Lapang Pandang, Estimasi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Teknologi Laboratorium Medis > Program Studi DIII Teknologi Laboratorium
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:52
Last Modified: 02 Sep 2024 04:52
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17664

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item