IMPLEMENTASI EDUKASI MENYUSUI PADA IBU NIFAS DENGAN MASALAH DEFISIT PENGETAHUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MLATI II

Kristanto, Intan Anantya (2024) IMPLEMENTASI EDUKASI MENYUSUI PADA IBU NIFAS DENGAN MASALAH DEFISIT PENGETAHUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MLATI II. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

[img] Text (COVER)
Awal.pdf.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Abstract.pdf.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
Conclusion.pdf.pdf

Download (166kB)
[img] Text
References.pdf.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Appendices,pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
INTAN ANANTYA KRISTANTO_P07120121050.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

IMPLEMENTASI EDUKASI MENYUSUI PADA IBU NIFAS DENGAN MASALAH DEFISIT PENGETAHUAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MLATI I Intan Anantya Kristanto1 , Yusniarita2 Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tata Bumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293 Email : intananantya23@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Masalah keperawatan defisit pengetahuan tentang menyusui merupakan masalah keperawatan yang menjadi salah satu masalah yang terjadi pada ibu nifas terutama pada ibu nifas yang baru pertama kali melahirkan atau bisa disebut juga ibu primipara. Jika masalah ini tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan ibu tidak memberi ASI Eksklusif pada bayinya. Padahal pemberian ASI Eksklusif sangat baik untuk ibu dan bayi karena ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan bayinya. Maka dari itu, untuk menghindari masalah tersebut, perlu diberikan edukasi menyusui berupa mengajarkan teknik menyusui yang baik dan benar, mengajarkan pijat oksitosin, dan melakukan perawatan payudara yang diharapkan dapat mendukung pemberian ASI Eksklusif pada ibu untuk bayi. Tujuan : Mengimplementasikan edukasi menyusui pada ibu nifas dengan masalah defisit pengetahuan di wilayah kerja Puskesmas Mlati II. Metode : Studi kasus ini menggunakan sampel berjumlah 2 responden ibu primipara dan untuk instrumen studi kasus yang digunakan adalah buku KIA, video, dan lembar observasi. Hasil : Studi kasus ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan edukasi menyusui pada ibu nifas primipara selama 3 kali pertemuan, terdapat perkembangan pada tingkat pengetahuan diantaranya perilaku sesuai anjuran, pengetahuan meningkat, dan mampu menjelaskan pengetahuan tentang edukasi menyusui. Kesimpulan : Implementasi edukasi menyusui pada ibu nifas pertama kali dapat meningkatkan pengetahuan. Kata Kunci : Ibu nifas, ibu primipara, ibu nifas pertama kali, edukasi menyusui, teknik menyusui yang baik dan benar, pijat oksitosin, perawatan payudara, cara melancarkan ASI, cara mengatasi dan mencegah payudara bengkak. 1 Mahasiswa D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2 Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ibu nifas, ibu primipara, ibu nifas pertama kali, edukasi menyusui, teknik menyusui yang baik dan benar, pijat oksitosin, perawatan payudara, cara melancarkan ASI, cara mengatasi dan mencegah payudara bengkak, Postpartum mothers, primiparous mothers, first time postpartum mothers, breastfeeding education, good and correct breastfeeding techniques, oxytocin massage, breast care, how to promote breast milk, how to treat and prevent swollen breasts.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:17
Last Modified: 27 Aug 2024 08:26
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17480

Actions (login required)

View Item View Item