Suciawan, Laila Aisth (2024) PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA PENGGUNA ORTHODONTIK CEKAT. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Awal)
AWAL.pdf Download (810kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (20kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (13kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Hasil SKI tahun 2023 menyatakan prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut sebesar 56,9%. Penyebab terjadinya permasalahan kesehatan gigi dan mulut adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi menggunakan media video TikTok terhadap pengetahuan dan perilaku kebersihan gigi dan mulut pengguna orthodontik cekat. Metode: Metode penelitian Quasi Eksperimen Design atau Eksperimen Semu dengan rancangan Pre-test Post-test With Control Group. Populasi sampel sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling sebanyak 40 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner pengetahuan dan perilaku kebersihan gigi dan mulut pengguna orthodontik cekat. Variabel independent adalah media video tiktok dan variabel dependent adalah pengetahuan dan perilaku kebersihan gigi dan mulut pengguna ortho. Analisa data menggunakan uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil kelompok eksperimen pengetahuan pre-test pada kriteria baik 20%, kriteria cukup 60% dan kriteria kurang 20% setelah dilakukan promosi kriteria baik 75%, kriteria cukup 25% dan kriteria kurang 0%. Hasil pre-test perilaku pada kelompok eksperimen kriteria baik 5%, kriteria cukup 85% dan kriteria kurang 10%, setelah dilakukan promosi kriteria baik 65%, kriteria cukup 30%, kriteria kurang 5%. Rata-rata pengetahuan kelompok eksperimen 25,08 dan kelompok kontrol 15,93. Rata-rata perilaku kelompok eksperimen 24,75 dan kelompok kontrol 16,25. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test pada variabel pengetahuan dan perilaku diperoleh nilai p=0,001 <0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh peningkatan pengetahuan dan perilaku kebersihan gigi dan mulut pengguna orthodontik cekat setelah dilakukan promosi menggunakan media video Tiktok. Kata Kunci: Video TikTok, Pengetahuan, Perilaku, Kebersihan Gigi dan Mulut, Orthodontik Cekat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 01:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 01:24 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17477 |
Actions (login required)
View Item |