PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PERILAKU MENYIKAT GIGI DAN INDEKS PLAK PADA PENGGUNA ORTODONTI CEKAT

Kristiana Putri, Alvina (2024) PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PERILAKU MENYIKAT GIGI DAN INDEKS PLAK PADA PENGGUNA ORTODONTI CEKAT. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf

Download (219kB)
[img] Text (CHAPTER 1)
CHAPTER 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text (CHAPTER 2)
CHAPTER 2.pdf

Download (479kB)
[img] Text (CHAPTER 3)
CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (CHAPTER 4)
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (CONCLUSION)
CONCLUSION.pdf

Download (214kB)
[img] Text (REFERENCES)
REFERENCES.pdf

Download (221kB)
[img] Text (APPENDICES)
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang : Pasien pengguna ortodonti cekat masih banyak yang belum mengetahui pengetahuan tentang perilaku menyikat gigi dengan baik dan benar, dan memiliki kondisi kebersihan gigi dan mulut yang buruk. WHO (World Health Organization) merekomendasikan diadakannya pemberian informasi mengenai kebersihan gigi dan mulut. Berdasarkan studi pendahuluan sebanyak 30% pasien belum mengetahui perilaku menyikat gigi dengan baik dan benar, dan 70% pasien masih terdapat indeks plak dengan kategori buruk. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media e-booklet terhadap perilaku menyikat gigi dan indeks plak pada pengguna ortodonti cekat. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest-postest with control group dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2024 dengan jumlah populasi 75 responden di Klinik Gigi WD Dentalcare. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil : Hasil uji mann whitney promosi menggunakan media e-booklet pada peningkatan perilaku memiliki nilai signifikan sebesar p 0,041<0,05, sedangkan pada peningkatan indeks plak memiliki nilai signifikan sebesar p 0,408>0,05. Hasil uji wilcoxon pengaruh promosi media e-booklet terhadap perilaku dan indeks plak sebesar p 0,000<0,05. Kesimpulan : Promosi menggunakan media e-booklet berpengaruh terhadap peningkatan perilaku menyikat gigi tetapi tidak berpengaruh pada peningkatan indeks plak pada pengguna ortodonti cekat. Kata Kunci : Media E-booklet, perilaku menyikat gigi, indeks plak, ortodonti cekat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi Media E-booklet
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:07
Last Modified: 20 Aug 2024 07:07
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17374

Actions (login required)

View Item View Item