PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA OLAHAN TELUR BALADO DI KATERING ASRAMA MAHASISWA 1 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Anissa, Lina (2024) PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA OLAHAN TELUR BALADO DI KATERING ASRAMA MAHASISWA 1 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (715kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Chapter 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan Pustaka)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III Metode Penelitian)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV Hasil dan Pembahasan)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
Conclusion.pdf

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
References.pdf

Download (259kB)
[img] Text (Lampiran)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang : Menurut Surat Keputusan Kementrian Kesehatan RI No. 23 Tahun 1978, Good Manufacturing Practices (GMP) adalah pedoman yang mengatur mengenai tata cara produksi makanan yang baik dengan memperhatikan aspek keamanan pangan untuk mendapatkan pangan dengan kualitas mutu tinggi, aman, dan layak dikonsumsi. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam penyelenggaraan makanan di Katering Asrama Mahasiswa 1 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyebutkan bahwa keracunan makanan yang disebabkan oleh telur yang terkontaminasi Salmonella tercatat mencapai 79.000 kasus setiap harinya. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) pada olahan telur balado di Katering Asrama Mahasiswa 1 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Metode : Metode penelitian ini yaitu observasional dengan desain penelitianm cross-sectional. Pengumpulan data skor Good Manufacturing Practices (GMP) menggunakan formulir Good Manufacturing Practices (GMP) dari BPOM RI 2003 dengan menilai 13 komponen GMP. Hasil : Hasil penelitian mengenai penerapan GMP di Katering Asrama Mahasiswa 1 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mendapatkan kriteria baik pada tiga grup utama yaitu Suplai Air, Kesehatan dan Higiene Karyawan dan Pengendalian Proses. Satu grup utama lainnya mendapatkan kriteria cukup yaitu Pengendalian Hama. Sedangkan komponen GMP yang lain semuanya mendapatkan kriteria baik kecuali Kegiatan Pencatatan dan Dokumentasi yang mendapatkan kriteria cukup. Kesimpulan : Penerapan GMP pada olahan telur balado di Katering Asrama Mahasiswa 1 Poltekkes Yogyakarta termasuk dalam kriteria cukup. Kata Kunci : Keamanan Pangan, Good Manufacturing Practices (GMP), Telur, Olahan Telur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:28
Last Modified: 14 Aug 2024 08:28
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item