Wulansari, Qinanti (2024) PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOPENG. Skripsi thesis, Poltekkkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (COVER)
AWAL.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRACT)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (CHAPTER 1)
CHAPTER 1.pdf Download (2MB) |
|
Text (CHAPTER 2)
CHAPTER 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (CHAPTER 3)
CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (CHAPTER 4)
CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (CONCLUSION)
CONCLUSION.pdf Download (2MB) |
|
Text (REFERENCES)
REFERENCES.pdf Download (2MB) |
|
Text (APPENDICES)
APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang: Kebersihan gigi dan mulut merupakan aspek penting pada masa tumbuh kembang anak usia sekolah. Anak usia sekolah memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan gigi karena cenderung menyukai jajanan sembarangan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, sikap, dan perilaku yang baik terkait kebersihan gigi dan mulut. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut. Pengetahuan ini menjadi dasar pembentukan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin baik pula perilaku anak dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Media edukasi yang digunakan yaitu audiovisual. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi dengan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan kebersihan gigi dan mulut pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kopeng. Metode penelitian: Penelitian quasy experimental design dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Penelitian pada 18 Februari - 26 Februari 2024. Teknik sampling dengan simple randome sampling. Metode pengambilan data dengan kuesioner. Subjek penelitian yaitu 83 siswa terdiri dari kelas I, II, dan III. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Withey. Hasil penelitian: Berdasarkan data penelitian mayoritas berusia 7 tahun dengan jenis kelamin laki-laki. Sebelum diberikan intervensi mayoritas responden memiliki pengetahuan cukup sebanyak 26 (60.5%) responden. Setelah diberikan intervensi terdapat perubahan dengan hasil mayoritas memiliki pengetahuan baik sebanyak 25 (58.1%) responden. Hasil penelitian terdapat pengaruh media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan responden dengan nilai signifikansi p- value 0,000. Kesimpulan: Media audiovisual efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang kebersihan gigi dan mulut. Kata kunci: Audiovisual, Anak, Gigi, Mulut, Pengetahuan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:27 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:27 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/17202 |
Actions (login required)
View Item |