ANALISIS BORAKS DAN FORMALIN PADA BAHAN MAKANAN LAUK HEWANI DAN NABATI DI INSTALASI GIZI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Septiana, Rahma Adilla (2024) ANALISIS BORAKS DAN FORMALIN PADA BAHAN MAKANAN LAUK HEWANI DAN NABATI DI INSTALASI GIZI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
Awal.pdf

Download (497kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (231kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Chapter 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text (Tinjauan Pustaka)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (Metode Penelitian)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (Hasil dan Pembahasan)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
Conclusion.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
References.pdf

Download (237kB)
[img] Text (Lampiran)
Apendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)

Abstract

Latar Belakang : Keamanan pangan merupakan faktor penting dalam keberhasilan penyelenggaraan makanan. Keamanan pangan yang masih memerlukan pengawasan khusus yaitu pada penggunaan pengawet berbahaya seperti boraks dan formalin karena memiliki harga yang lebih murah disbanding bahan pengawet lainnya. Makanan dengan kandungan boraks dan formalin dapat mengakibatkan bahaya bagi tubuh. Tujuan : Untuk mengetahui boraks dan formalin pada bahan makanan lauk hewani dan nabati di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan design cross sectional secara kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada 8 bahan makanan lauk hewani dan 2 bahan makananan lauk nabati secara kimiawi yang ditinjau dari kandungan boraks dan formalin di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul selama siklus menu 10 hari. Analisis kualitatif boraks dan formalin dilakukan menggunakan easy test kit dengan prinsip perubahan warna. Pengambilan data dilakukan dengan 2 kali pengulangan. Hasil : Hasil analisis kualitatif bahan makanan lauk hewani dan nabati di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul selama siklus menu 10 hari dengan 2 kali pengulangan menunjukkan bahwa dari 8 sampel bahan makanan lauk hewani yang terdiri dari daging ayam, daging sapi, otak-otak bandeng, rollade ikan, ikan tuna, putih telur, galantin ayam, dan bakso sapi, serta 2 sampel lauk nabati yaitu tahu putih dan tempe kedelai, tidak ditemukan kandungan boraks dan formalin. Berdasarkan hasil analisis tersebut, keamanan pangan di RSUD Panembahan Senopati Bantul termasuk dalam kategori aman karena tidak mengandung boraks dan formalin. Kesimpulan : Hasil analisis 8 sampel lauk hewani dan 2 sampel lauk nabati di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul selama siklus menu 10 hari dengan 2 kali pengulangan tidak mengandung boraks dan formalin. Kata Kunci : Boraks, Formalin, keamanan pangan, lauk hewani dan lauk nabati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:56
Last Modified: 22 Jul 2024 02:56
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item