EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI ISI BEKALKU DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Savitri, Dinda Marchantya Oryza (2024) EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI ISI BEKALKU DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB I)
Chapter 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (35kB)
[img] Text (References)
References.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
P07131220036_DINDA MARCHANTYA O.S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Sebanyak 79% siswa Sekolah Dasar (SD) tidak membawa bekal makanan yang menyebabkan anak jajan sembarangan, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi gizi. Tujuan : Mengetahui efektivitas intervensi edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan anak tentang isi bekalku. Metode : Penelitian quasi eksperimental dengan rancangan non equivalent pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2024 di 2 SD di Kota Yogyakarta, Indonesia. Sampel penelitian sebanyak 93 orang yang terbagi dalam 2 kelompok, dengan kriteria inklusi merupakan siswa kelas V, diijinkan menjadi responden dan kriteria eksklusi tidak hadir saat intervensi. Intervensi yang diberikan adalah edukasi gizi dengan permainan ular tangga, sedangkan kelompok kontrol dengan poster. Pengetahuan diukur menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi. Analisis perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon. Hasil : Rata-rata pretest kelompok intervensi 93,00 dan rata-rata posttest 97,75, nilai rata-rata pretest-posttest meningkat 4,75 dengan p=0,027. Sedangkan, rata-rata pretest kelompok kontrol 89,06 dan rata-rata posttest 91,13, nilai rata-rata pretest-posttest meningkat 2,07 dengan p=0,140. Peningkatan pengetahuan dengan permainan ular tangga lebih tinggi daripada poster. Kesimpulan : Edukasi gizi dengan permainan ular tangga lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai isi bekalku dibandingkan poster. Kata Kunci : Permainan ular tangga, Poster, Peningkatan Pengetahuan, Isi Bekalku, Anak SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:52
Last Modified: 17 Jul 2024 06:52
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item View Item