Efektivitas Penggunaan Video Animasi Dalam Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Aktivitas Fisik Pada Pencegahan Obesitas Siswa Sekolah Dasar

Heri Heryanto, Heri (2024) Efektivitas Penggunaan Video Animasi Dalam Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Aktivitas Fisik Pada Pencegahan Obesitas Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
1. Awal.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (Abstract)
2. Abstract.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 1)
3. Chapter 1.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 2)
4. Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 3)
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 4)
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (Conclusion)
7. Conclusion.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text (References)
8. References.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (Appendices)
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2024.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi kelebihan gizi di Kabupaten Sleman pada tahun 2018 berdasarkan (IMT/U) pada anak 5-12 tahun termasuk tinggi, yang mana kategori gemuk sebesar 11,56% dan obesitas sebesar 10,98%. Masalah kelebihan gizi dapat dicegah dengan edukasi gizi, media dalam penyampaian materi tentang aktivitas fisik pada siswa sekolah dasar melalui video animasi. Tujuan: Mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi dan komik dalam edukasi gizi untuk meningkatkan pengetahuan tentang aktivitas fisik pada pencegahan obesitas anak sekolah dasar. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasy experiment) dengan penelitian menggunakan nonequivalent pre-test and post-test control group design. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan pada kelompok video animasi dan kelompok komik berdasarkan nilai pre-test dan post-test dengan analisis Paired Samples T-Test dan Independent Samples T-Test. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi baik menggunakan video animasi dan komik sebesar (p=0,0001). Tidak terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sebelum edukasi gizi menggunakan video animasi dan media komik (p=0,076). Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sesudah edukasi gizi menggunakan video animasi dan media komik (p=0,015). Rata-rata selisih peningkatan dengan video animasi sebesar 12,84, sedangkan komik mendapatkan selisih sebesar 7,59. Diketahui bahwa video animasi lebih efektif daripada komik. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sesudah dilakukannya edukasi gizi menggunakan media video animasi dan komik. Media video animasi lebih efektif dibandingkan dengan media komik. Media video animasi dan komik sebagai media edukasi sebagai media penyuluhan untuk sekolah dasar, puskesmas dan tenaga kesehatan khususnya ahli gizi. Kata Kunci: Efektivitas, Video Animasi, Komik, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:43
Last Modified: 05 Nov 2024 02:43
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16329

Actions (login required)

View Item View Item