EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL

Saputra, Angga (2024) EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Awal.pdf

Download (965kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (179kB)
[img] Text
References.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ANGGA SAPUTRA_P07120121001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana kondisi tubuh mengalami peningkatan tekanan darah dengan sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg. Hipertensi esensial adalah suatu kejadian dimana terjadi peningkatan persisten tekanan arteri akibat ketidakteraturan mekanisme kontrol homeostatik normal. Penatalaksanaan dapat dilakukan dengan cara farmakologis dan non farmakologis. Terapi non farmakologis dapat dilakukan dengan cara mengelola stres. Mengelola stres adalah pengontrolan stres bertujuan untuk mengenal penyebab stres dan mengetahui teknik mengelola stres, sehingga dapat lebih baik dalam menguasai stres pada kehidupan. Tujuan : Studi kasus ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan edukasi mengelolaan stres pada pasien hipertensi esensial. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini berupa penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan menggunakan pendekatan peroses keperawatan. Subyek studi ini meliputi dua pasien dengan hipertensi esensial. Penelitian dilakukan selama empat hari berturut-turut. Hasil : Setelah dilakukan penerapan didapatkan hasil adanya perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dan sesudah intervensi. Penurunan tekanan darah selama empat hari penerapan mendapatkan hasil penurunan tekanan sistolik ± 14 mmHg dan tekanan darah diastolik ± 5 mmHg Kesimpulan : Penerapan edukasi mengelola stres efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi esensial. Kata Kunci : Hipertensi, Edukasi, Mengelola Stres

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:35
Last Modified: 09 Aug 2024 04:35
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16047

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item