Saputra, Angga (2024) EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA.
There is a more recent version of this item available. |
Text
Awal.pdf Download (965kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (182kB) |
|
Text
Chapter 1.pdf Download (314kB) |
|
Text
Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
Text
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (179kB) |
|
Text
References.pdf Download (562kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
ANGGA SAPUTRA_P07120121001.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana kondisi tubuh mengalami peningkatan tekanan darah dengan sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg. Hipertensi esensial adalah suatu kejadian dimana terjadi peningkatan persisten tekanan arteri akibat ketidakteraturan mekanisme kontrol homeostatik normal. Penatalaksanaan dapat dilakukan dengan cara farmakologis dan non farmakologis. Terapi non farmakologis dapat dilakukan dengan cara mengelola stres. Mengelola stres adalah pengontrolan stres bertujuan untuk mengenal penyebab stres dan mengetahui teknik mengelola stres, sehingga dapat lebih baik dalam menguasai stres pada kehidupan. Tujuan : Studi kasus ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan edukasi mengelolaan stres pada pasien hipertensi esensial. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini berupa penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan menggunakan pendekatan peroses keperawatan. Subyek studi ini meliputi dua pasien dengan hipertensi esensial. Penelitian dilakukan selama empat hari berturut-turut. Hasil : Setelah dilakukan penerapan didapatkan hasil adanya perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dan sesudah intervensi. Penurunan tekanan darah selama empat hari penerapan mendapatkan hasil penurunan tekanan sistolik ± 14 mmHg dan tekanan darah diastolik ± 5 mmHg Kesimpulan : Penerapan edukasi mengelola stres efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi esensial. Kata Kunci : Hipertensi, Edukasi, Mengelola Stres
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16047 |
Available Versions of this Item
-
EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL. (deposited 09 Aug 2024 04:43)
- EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL. (deposited 09 Aug 2024 04:35) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |