Hastin Laili Mukharromah1) and Yuni Kusmiyati 2) and Margono3) (2017) HUBUNGAN KEHAMILAN IBU DI USIA MUDA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 3-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEWON II KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
SKRIPSI PDF HASTIN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang : Prevalensi gangguan emosional dan perilaku pada anak usia prasekolah cukup tinggi yaitu 34,10% . Salah satu faktor masalah perkembangan emosi anak yaitu usia ibu ketika hamil. Hasil dan Metode : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kehamilan di usia muda dengan perkembangan emosi anak usia 3-5 tahun. Penelitian ini menggunakan desain historical cohort. Subyek penelitian yaitu semua ibu hamil yang hamil tahun 2012-2014 di wilayah kerja Puskesmas Sewon II Bantul Indonesia. Sampel penelitian ini berjumlah 74 repsonden. Variabel Independen yaitu perkembangan emosi anak diukur menggunkan kuesioner SDQ. Variabel dependen yaitu usia ibu diukur menggunakan kuesioner. Variabel luar yaitu jumlah anak, jenis kelamin, pendidikan ibu ayah, pola asuh, dan pendapatan diukur menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu chi square dan multipel regresi logistik. Kesimpulan : Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan kehamilan di usia muda dengan perkembangan emosi anak usia 3-5 tahun. Anak usia 3-5 tahun yang lahir dari ibu yang hamil di usiamu dan mempunyai peluang 80 % mengalami gangguan perkembangan emosi disbanding ibu usia dewasa. Saran agar remaja, keluarga, dan tenaga kesehatan memperhatikan usia ketika hamil supaya dapat menghindari gangguan emosi anak usia 3-5 tahun dengan membuat program hamil di usai 20- 35 tahun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Kebidanan |
Depositing User: | analis |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 02:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
View Item |