KADAR KREATININ PADA SERUM PASIEN HIPERTENSI YANG DIPERIKSA SEGERA, SETELAH DISIMPAN 4 DAN 8 JAM PADA SUHU 20-25 °C

Saputri, Oktayudha Dewi (2023) KADAR KREATININ PADA SERUM PASIEN HIPERTENSI YANG DIPERIKSA SEGERA, SETELAH DISIMPAN 4 DAN 8 JAM PADA SUHU 20-25 °C. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Pendahuluan)
Awal.pdf

Download (858kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (75kB)
[img] Text (Bab I)
Chapter 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Bab II)
Chapter 2.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Bab III)
Chapter 3.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Bab IV)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Chapter 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Referensi)
References.pdf

Download (144kB)
[img] Text (Lampiran)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi menyebabkan kerusakan nefron ginjal yang mempengaruhi kadar kreatinin serum. Berkurangnya jumlah nefron akibat kerusakan, menyebabkan nefron yang masih tersisa mengambil alih fungsi semakin berat. Tahap pra analitik pembuatan serum meliputi suhu dan waktu yang digunakan untuk penyimpanan serum. Selain itu pemeriksaan tambahan akibat suatu kondisi sering kali dilakukan pada sampel yang sudah ada di laboratoriumLamanya penyimpanan serum dengan suhu yang tidak tepat dapat mengakibatkan perubahan kadar kreatinin. Oleh karena itu pemeriksaan kadar kreatinin harus segera dilakukan setelah sampel didapatkan atau harus sesuai standar operasional prosedur sehingga didapatkan hasil yang sebenarnya. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan kadar Kreatinin yang diperiksa segera, disimpan selama 4 dan 8 jam pada suhu 20-25 ⁰C. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah pasien penderita hipertensi Puskesmas Gondokusuman 2 sebanyak 40 orang dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2023. Kadar Kreatinin diukur dengan alat Chemistry Analyzer Architect c4000 dengan metode enzimatik. Data primer yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik yang meliputi uji distribusi data dan uji Friedman. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil pemeriksaan kadar kreatinin serum diperiksa segera, disimpan 4 dan 8 jam pada suhu 20-25 oC yaitu 0,88 mg/dL; 0,90 mg/dL dan 0,91 mg/dL. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kenaikan rerata kadar kreatinin pada penyimpanan suhu 20-25oC. Hasil uji statistik non parametrik Friedman menunjukkan p (0,000) < 0,05. Kesimpulan: Terdapat perbedaaan kadar Kreatinin pada serum pasien hipertensi yang diperiksa segera dan yang disimpan selama 4 dan 8 jam pada suhu 20-25 ⁰C. Kata Kunci: Kadar kreatinin, serum pasien hipertensi, waktu penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Teknologi Laboratorium Medis > Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:04
Last Modified: 21 Oct 2024 08:04
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/15100

Actions (login required)

View Item View Item