EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN GERMAS MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIBANDINGKAN DENGAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN GERMAS DI SMPN MLATI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Zahra, Hidayati Krisnadi and Idi, Setiyobroto and I Made, Alit Gunawan (2019) EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN GERMAS MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIBANDINGKAN DENGAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN GERMAS DI SMPN MLATI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. awal.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. abstrack.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (344kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
7. conclusion.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. references.pdf

Download (232kB)
[img] Text
9. appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Angka kematian akibat penyakit tidak menular di Indonesia semakin meningkat, oleh karena itu diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan. Pendidikan gizi sebaiknya diberikan sedini mungkin. Usia anak yang sesuai untuk diberikan pendidikan gizi adalah anak yang berada pada periode 6 sampai 14 tahun, karena pada usia ini anak mulai belajar dan merupakan periode intelektual. Salah satu bentuk kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) dibidang gizi adalah kegiatan pembelajaran Germas yaitu dengan pendekatan edukatif melalui media. Media berperan penting dalam menyampaikan pesan untuk meningkatkan pengetahuan. Tujuan Penelitian: Menghasilkan komik dan leaflet Germas untuk meningkatkan pengetahuan pada siswa sekolah menengah pertama. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pre test and post test with control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 26 orang di SMP N 1 Mlati dan SMP N 2 Mlati. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna nilai pre test pengetahuan tentang Germas pada kelompok media komik dan leaflet, ada perbedaan yang bermakna nilai post test pengetahuan tentang Germas pada kelompok media komik dan leaflet, terdapat pengaruh yang signifikan penyampaian pesan Germas dengan media komik dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang Germas (p = 0,000) dan ada perbedaan yang signifikan pada skor post test-pre test pengetahuan antara kelompok media komik dan leaflet (p = 0,022). Kesimpulan: Media komik dan leaflet berpengaruh pada peningkatan pengetahuan siswa tentang Germas. Media komik lebih efektif meningkatkan pengetahuan tentang Germas pada siswa sekolah menengah pertama. Kata Kunci: Germas, Komik, Leaflet, Pengetahuan, Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: analis
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:00
Last Modified: 30 Jul 2019 08:00
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item