Azizah, Trisna Asih Nur (2023) HUBUNGAN PELAYANAN PADA PERAWATAN ORTHODONTI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK GIGI. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Cover)
Awal.doc.pdf Download (616kB) |
|
Text (Abstrak)
Abstrak.doc.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB I)
Chapter1.doc.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB II)
Chapter2.doc.pdf Download (501kB) |
|
Text (BAB III)
Chapter3.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text (BAB IV)
Chapter4.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
Text (BAB V)
Conclusion.doc.pdf Download (366kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
References.doc.pdf Download (404kB) |
|
Text (Lampiran)
Appendices.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text (FULL TEXT)
TRISNA ASIH NUR AZIZAH_P07125322021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: Kepuasan pasien terhadap pelayanan orthodonti merupakan perbandingan antara persepsi terhadap pelayanan orthodonti yang di terima dengan harapan sebelum mendapatkan pelayanan orthodonti. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapatkan data sebanyak 50% responden menyatakan cukup baik pada pelayanan perawatan orthodonti serta tingkat kepuasan pasien didapatkan data sebanyak 40% responden menyatakan kurang puas. Tujuan: Diketahuinya adanya hubungan pelayanan pada perawatan orthodonti dengan tingkat kepuasan pasien di klinik gigi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian ini adalah pelayanan pada perawatan orthodonti dan kepuasan pasien. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023. Sampel penelitian sebanyak 33 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan Kendall’s Tau-b. Hasil: Responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 29 responden (87,8%), responden berusia 17-26 sebanyak 23 responden (69,7%), responden menyatakan kualitas pelayanan pada perawatan orthodonti cukup baik sebanyak 15 responden (45,5%), responden menyatakan cukup puas sebanyak 19 responden (57,6%), kualitas pelayanan cukup baik memiliki kepuasan pasien yang cukup puas sebanyak 12 responden (36,4%) dan hasil uji Kendall’s Tau-b memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,649**. Kesimpulan: Kualitas pelayanan pada perawatan orthodonti di klinik gigi Dentes HOS Cokroaminoto berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,649**. Kata kunci: Pelayanan, perawatan orthodonti, kepuasan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:40 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:40 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14603 |
Actions (login required)
View Item |