Zalfa Mutiara Nisa', Belinda (2023) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
1. Cover.pdf Download (689kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (324kB) |
|
Text
3. Chapter 1.pdf Download (344kB) |
|
Text
4. Chapter 2.pdf Download (236kB) |
|
Text
5. Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
6. Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
7. Conclusion.pdf Download (204kB) |
|
Text
8. References.pdf Download (325kB) |
|
Text
9. Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SD Muhammadiyah Mlangi terdapat 80% siswa belum mengetahui cara memelihara kesehatan gigi dan mulut dan didapatkan sebanyak 80% siswa memiliki resiko karies tinggi dan 20% memiliki resiko karies sedang. Kurangnya pengetahuan mengenai pemeliharaan kesehatan gigi membuat resiko karies gigi tinggi. Penyuluhan menggunakan media slide video diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut untuk anak sekolah dasar. Tujuan: Diketahuinya pengaruh penyuluhan menggunakan media slide video terhadap pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar. Metode : Jenis penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Pretest Posttest Nonequivalent Control Group dengan jumlah sampel sebesar 64 responden yang diambil dengan cara total sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 32 responden pada kelompok eksperimen dengan penyuluhan menggunakan media slide video dan 32 responden pada kelompok kontrol dengan media powerpoint. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Test dan Mann Whitney. Hasil : Selisih tingkat pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan kriteria baik pada kelompok eksperimen sebesar 56,2% dan kelompok kontrol sebesar 53,1%. Hasil analisis Wilcoxon-Test p=0,000 (p < 0,05) menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan media slide video terhadap perubahan pengetahuan. Hasil analisis Mann-Whitney memiliki nilai rata-rata (mean rank) kelompok eksperimen sebesar 39,17 dan kelompok kontrol sebesar 25,83. Terdapat perbedaan yang signifikan antara penyuluhan media slide video dengan media powerpoint terhadap tingkat pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Kesimpulan : Penyuluhan menggunakan media slide video meningkatkan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar. Kata Kunci : Penyuluhan, slide video, pengetahuan, kesehatan gigi dan mulut, anak sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 01:00 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 01:00 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14129 |
Actions (login required)
View Item |