PEMBERIAN SMOOTHIE SAIR (PISANG AMBON DAN AIR KELAPA MUDA) UNTUK MENINGKATKAN ASUPAN KALIUM PADA ORANG DENGAN PREHIPERTENSI

Yulianti, Melita Puteri (2023) PEMBERIAN SMOOTHIE SAIR (PISANG AMBON DAN AIR KELAPA MUDA) UNTUK MENINGKATKAN ASUPAN KALIUM PADA ORANG DENGAN PREHIPERTENSI. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
References.pdf

Download (247kB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit degenerative yang dapat didefinisikan sebagai tekanan darah persisten dimana tekanan sistolik diatas 140 mmHg dan tekanan diastolik diatas 90 mmHg1. Terapi non-farmakologi merupakan upaya penanganan orang dengan hipertensi tanpa obat-obatan, yaitu dengan mencukupi asupan kalium. Asupan kalium dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi bahan makanan sumber kalium tinggi4. Pisang ambon dan air kelapa muda merupakan salah satu bahan pangan lokal dengan sumber kalium alami yang tinggi. Pada penelitian ini peneliti mencampurkan kedua bahan di atas menjadi smoothies dengan komposisi 135 gram pisang ambon dan 150 ml air kelapa muda. Tujuan: Mengetahui peningkatan asupan kalium setelah pemberian smoothie SAIR (Pisang Ambon dan Air Kelapa) pada orang dengan prehipertensi. Metode: Jenis penelitian adalah eksperimental kuasi dengan rancangan One Group Pre Test Post Test. Jumlah subyek sebanyak 19 sampel, diambil dengan teknik accidental sampling. Penelitian berlangsung selama 7 hari pada bulan Maret 2023 yang bertempat di Dusun Trini wilayah kerja Puskesmas Mlati 1. Analisis bivariat menggunakan uji paired t-test dengan SPSS versi 16.0. Hasil: Hasil uji paired t-test didapatkan adanya perbedaan antara asupan kalium sebelum dan sesudah intervensi p<0.05, yaitu 0.000 dengan peningkatan kalium sebesar 382.16 mg. Kesimpulan: Smoothie SAIR (Pisang Ambon dan Air Kelapa Muda) dapat meningkatkan asupan kalium dan dapat menjadi alternatif minuman sumber kalium untuk menurunkan tekanan darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:51
Last Modified: 25 Jan 2024 02:51
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item