PENGARUH VARIASI VOLUME DARAH VENA DALAM TABUNG K3EDTA DAN LAMA PENDIAMAN TERHADAP HITUNG JENIS LEUKOSIT

Ansori, Silvia Aisyah (2023) PENGARUH VARIASI VOLUME DARAH VENA DALAM TABUNG K3EDTA DAN LAMA PENDIAMAN TERHADAP HITUNG JENIS LEUKOSIT. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
Awal.pdf

Download (892kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB I)
Chapter 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II)
Chapter 2.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
Conclusion.pdf

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
References.pdf

Download (170kB)
[img] Text (Lampiran)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pemeriksaan hitung jenis leukosit merupakan salah satu parameter dalam pemeriksaan darah lengkap otomatis (DLO) yang satu diantara fungsinya adalah sebagai dasar penegakkan diagnosis penyakit dan pemantauan perkembangan kondisi medis pasien. Berdasarkan fungsi penting tersebut, akurasi dan validitas hasil pemeriksaan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pendiaman dan volume sampel darah yang tidak seseuai menjadi faktor yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan. Pendiaman dapat terjadi karena berbagai faktor di lapangan, seperti jumlah sampel yang terlalu banyak dan pengulangan pemeriksaan untuk konfirmasi. Sedangkan, volume darah yang tidak sesuai, dapat diakibatkan oleh kondisi pasien, seperti vena yang tipis dan sulit ditemukan serta kekuatan vakum tabung yang tidak maksimal. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh variasi volume darah vena dalam tabung K3EDTA dan lama pendiaman terhadap hitung jenis leukosit. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain penelitian factorial design. Sampel yang digunakan adalah darah K3EDTA dari 30 probandus yang diperoleh secara non-ramdom sampling. Masing-masing probanus diambil darahnya sebanyak 10 ml menggunakan jarum vacutainer dan tabung tanpa antikoagulan, selanjutnya dibagi ke dalam tabung 3 tabung K3EDTA dengan variasi volume 1 ml, 2 ml dan 3 ml. Kemudian, diberi perlakuan pendiaman selama 0 jam(segera diperiksa), 1 jam, dan 2 jam untuk seluruh tabung K3EDTA. Data penelitian yang diperoleh berjumlah 270 data yang terdiri dari 90 data volume 3 ml, 90 data volume 2 ml dan 90 data volume 1 ml untuk masing-masing jenis leukosit yang diolah secara deskriptif dan statistik menggunakan uji Two-Way ANOVA Hasil: Hasil penelitian menunjukan variasi volume dan lama pendiaman secara independen tidak berpengaruh signifikan terhadap jenis leukosit basofil, eosinofil, neutrofil, limfosit dan monosit (p value>0.05), serta tidak terdapat interaksi antara kedua faktor tersebut (p-value>0.05). Kesimpulan: Tidak ada pengaruh ketidaksesuaian volume darah vena dalam tabung K3EDTA hingga volume 1 mL dan lama pendiaman sampai 2 jam terhadap hitung jenis leukosit Kata Kunci: Hitung Jenis Leukosit, Antikoagulan, Tabung K3EDTA, Volume Darah, Pendiaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Teknologi Laboratorium Medis > Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:04
Last Modified: 13 Nov 2023 07:04
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14055

Actions (login required)

View Item View Item