Khair, Hayatul (2023) EDUKASI GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA GIZI LEBIH. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Awal)
1. Awal.pdf Download (13MB) |
|
Text (Abstract)
2. Abstract.pdf Download (239kB) |
|
Text (Chapter 1)
3. Chapter 1.pdf Download (286kB) |
|
Text (Chapter 2)
4. Chapter 2.pdf Download (537kB) |
|
Text (Chapter 3)
5. Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text (Chapter 4)
6. Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text (Conclusion)
7. Conclusion.pdf Download (265kB) |
|
Text (References)
8. References.pdf Download (500kB) |
|
Text (Appendics)
9. Appendics.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
EDUKASI GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA GIZI LEBIH Hayatul Khair1, Irianton Aritonang2, Slamet Iskandar3 1,2,3Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jalan Tata Bumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email: hayatulkhr08@gmail.com ABSTRAK Latar belakang: Prevalensi kejadian gizi lebih (obesitas dan overweight) pada anak usia 5-12 tahun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyebab masalah gizi lebih pada anak usia sekolah dasar adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi seimbang. Penggunaan media dalam edukasi gizi seimbang merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan perubahan sikap siswa terhadap gizi seimbang. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang dengan media teka-teki silang terhadap pengetahuan dan sikap siswa gizi lebih. Metode: Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Intervensi yang dilakukan adalah edukasi pengetahuan dan sikap gizi seimbang dengan media teka-teki silang dan leaflet. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4-6 dengan status gizi lebih di SDN Ngijon 1 dan SDN Kaliduren, masing-masing sebanyak 20 siswa. Analisis data perbedaan rata-rata nilai pengetahuan dan sikap pada kelompok yang sama menggunakan independent t-test dan Mann-Whitney sedangkan perbedaan antar kelompok dengan uji paired t-test dan Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh edukasi gizi seimbang dengan media teka-teki silang terhadap peningkatan pengetahuan siswa gizi lebih yaitu (p=0.001). Sementara hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh edukasi gizi seimbang dengan media teka-teki silang terhadap perubahan sikap siswa gizi lebih yaitu (p=0.004). Kesimpulan: Adanya pengaruh media teka-teki silang terhadap peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap gizi seimbang pada siswa gizi lebih. Kata Kunci: Gizi seimbang, teka-teki silang, leaflet, pengetahuan, sikap, siswa gizi lebih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:44 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:44 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/14008 |
Actions (login required)
View Item |