Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Melalui Media Kalender Terhadap Self Care Dan Kadar Glukosa Darah Pada Penyandang Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Sleman

Priwantika, Meida Rachma and Khasanah, Furaida and Ekwantini, Rosa Delima (2023) Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Melalui Media Kalender Terhadap Self Care Dan Kadar Glukosa Darah Pada Penyandang Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Sleman. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Chapter 1)
CHAPTER 1.pdf

Download (576kB)
[img] Text (Chapter 2)
CHAPTER 2.pdf

Download (488kB)
[img] Text (Chapter 3)
CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 4)
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (Conclusion)
CONCLUSION.pdf

Download (176kB)
[img] Text (References)
REFERENCES.pdf

Download (304kB)
[img] Text (Appendices)
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: angka kematian akibat Diabetes Mellitus (DM) masih tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dikarenakan masih kurangnya manajemen diri penyandang diabetes mellitus. Diperlukan edukasi yang terstruktur untuk meningkatkan perawatan diri, salah satunya dengan Diabetes Self Management Education (DSME). Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah diketahui pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) melalui media kalender terhadap Self Care dan Kadar Glukosa Darah pada penyandang Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Sleman. Metode: jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan non equivalent control group design. Total sampling merupakan teknik sampling yang digunakan, dengan jumlah sampel 60 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner The Summary Of Diabetes Self Care Activities (SDSCA) dan SPO pengambilan sampel darah. Analisa data menggunakan paired t-test dan independent t-test dengan taraf signifikan p<0.05. Hasil penelitian: hasil uji statistik menunjukkan bahwa DSME melalui media kalender berpengaruh terhadap peningkatan self care (p=0.001) dan menurunkan kadar glukosa darah (p=0.012) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Diabetes Self Management Education (DSME) melalui media kalender dapat mempengaruhi self care dan kadar glukosa darah pada penyandang diabetes mellitus tipe 2 di Puskesmas Sleman. Kata kunci: Diabetes Self Management Education, Kalender, Self Care, Kadar Glukosa Darah, Diabetes Mellitus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:49
Last Modified: 15 Nov 2023 03:49
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item