GAMBARAN PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PRODUK OLAHAN AYAM SAUS TERIYAKI DI INSTALASI GIZI RSUD WONOSARI

Khotimah, Rizqika Amanatul (2023) GAMBARAN PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PRODUK OLAHAN AYAM SAUS TERIYAKI DI INSTALASI GIZI RSUD WONOSARI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (47kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

GAMBARAN PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PRODUK OLAHAN AYAM SAUS TERIYAKI DI INSTALASI GIZI RSUD WONOSARI Rizqika Amanatul Khotimah, Agus Wijanarka, Tjarono Sari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jalan Tata Bumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293 (Email : rizqikaaaakhotimah@gmail.com) ABSTRAK Latar Belakang : Penyelenggaraan makanan di rumah sakit sangat bergantung dari higiene karyawan agar makanan tidak menjadi sumber penularan penyakit. Upaya mencegah timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh makanan yang tidak aman, maka dikembangkan suatu sistem manajemen mutu keamanan pangan. GMP adalah pedoman untuk mendapatkan kualitas produk yang konsisten sesuai standar. Menu ayam saus teriyaki ini merupakan menu terbaru yang ada di Instalasi Gizi RSUD Wonosari sehingga belum ada penelitian GMP mengenai menu tersebut. Bahan makanan dari hewani yaitu daging ayam merupakan bahan makanan yang rawan terhadap kerusakan mikrobiologi karena kandungan gizi dan kadar airnya sangat tinggi. Oleh karena itu, dengan diterapkannya GMP pada produksi ayam saus teriyaki diharapkan dapat meningkatkan jaminan keamanan pangan dan kualitas. Tujuan : Diketahuinya penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) pada Produk Olahan Ayam Saus Teriyaki di Instalasi Gizi RSUD Wonosari. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional, dimana penulis hanya melakukan observasi. Hasil : Hasil penelitian diperoleh yaitu pada penilaian komponen utama GMP didapatkan hasil dua kriteria baik yaitu pada grup suplai air dan pengendalian proses. Namun, terdapat dua kriteria cukup yaitu pada grup pengendalian hama dan kesehatan dan higiene karyawan. Kemudian untuk penilaian komponen GMP lainnya didaptkan hasil 8 kriteria baik yaitu pada grup lingkungan produksi, bangunan dan fasilitas, peralatan produksi, fasilitas dan kegiatan higiene sanitasi, label pangan, penyimpanan. manajemen pengawasan, dan pencatatan dokumentasi. Selanjutnya terdapat satu komponen lainnya dengan hasil 1 kriteria kurang yaitu pada grup pelatihan karyawan. Kesimpulan : Penerapan GMP pada produk olahan ayam saus teriyaki di RSUD Wonosari termasuk dalam kategori cukup. Kata Kunci : Keamanan Pangan, Good Manufacturing Practices (GMP), Ayam Saus Teriyaki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:32
Last Modified: 25 Jan 2024 02:32
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item