PENGARUH EDUKASI MEDIA WEBSITE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI SMA DALAM PENCEGAHAN MASALAH ANEMIA

Gita Yudasari, Maria (2023) PENGARUH EDUKASI MEDIA WEBSITE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI SMA DALAM PENCEGAHAN MASALAH ANEMIA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
1. Awal.pdf

Download (304kB)
[img] Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Conclusion)
7. Conclusion.pdf

Download (60kB)
[img] Text (Reference)
8. Reference.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Appendices)
9. Appendices.pdf

Download (606kB)
[img] Text (Naskah Publikasi)
10. Naskah Publikasi.pdf

Download (335kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Anemia remaja merupakan masalah kesehatan global, salah satu penyebab anemia adalah pengetahuan remaja yang kurang. Tujuan: Mengetahui efektivitas edukasi menggunakan media website dan WhatsApp terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan masalah anemia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pre test – post test with control group. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret dan April di Kota Yogyakarta. Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow, dengan jumlah sampel minimal adalah 41 orang. Variabel bebas yaitu media website (intervensi) dan WhastApp (kontrol). Sedangkan variabel terikat yaitu pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pencegahan masalah anemia yang diukur sebelum dan setelah intervensi. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney pada program SPSS. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pre test dan post test pengetahuan pada kelompok intervensi adalah 13,64 dan 14,31 dengan selisih 0,67. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 12,82 dan 14,23 dengan selisih 1,41. Rata-rata skor pre test dan post test sikap pada kelompok intervensi adalah 25,51 dan 27,72 dengan selisih 2,21, sedangkan pada kelompok kontrol adalah 25,32 dan 27,52 dengan selisih 2,2. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan serta sikap pada kelompok intervensi signifikan (p= 0,000). Lalu peningkatan pengetahuan serta sikap pada kelompok kontrol signifikan (p= 0,000). Hasil uji analisis beda efektivitas kelompok intervensi dan kontrol dalam meningkatkan pengetahuan (p= 0,004) dan sikap (p= 0,784) secara statistik bermakna. Kesimpulan: Media WhatsApp lebih efektif meningkatkan pengetahuan remaja putri SMA dibandingkan dengan media website. Media website dan media WhatsApp menunjukkan efektivitas yang sama meningkatkan sikap remaja putri SMA. Kata Kunci: Website, WhatsApp, pengetahuan, sikap, remaja putri, pencegahan masalah anemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: User 2020
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:50
Last Modified: 25 Jan 2024 02:50
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item