PENGARUH STORYTELLING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG BUAH DAN SAYUR PADA ANAK KELAS 4 DAN 5 DI SD NEGERI BATURAN 1 YOGYAKARTA (OJS)

Aeni, Karunia Kurotu and Suryani, Eko and Prabowo, Tri (2023) PENGARUH STORYTELLING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG BUAH DAN SAYUR PADA ANAK KELAS 4 DAN 5 DI SD NEGERI BATURAN 1 YOGYAKARTA (OJS). Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Buah dan sayur memiliki banyak manfaat, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak namun banyak anak yang kurang konsumsi buah dan sayur. Kurangnya buah dan sayur akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti kurang gizi, obesitas dan penyakit lainnya, Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya konsumsi buah dan sayur yaitu dengan memperluas pengetahuan anak melalui pendidikan kesehatan. Pemberian storytelling adalah cara yang unik dan memberikan kesan yang menyenangkan anak. Tujuan : Mengetahui Pengaruh Storytelling Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Buah dan Sayur pada Anak Kelas 4 dan 5 di SD Negeri Baturan 1 Yogyakarta Metode : Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah masing-masing responden 51 pada kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner tentang buah dan sayur. Uji yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil : Tingkat pengetahuan responden sebelum diberikan storytelling sebagian besar berada pada kategori cukup 56,9% dan setelah diberikan storytelling meningkat dengan sebagian besar berada pada kategori baik 76,5%. Pemberian metode storytelling memiliki pengaruh terhadap tingkat pengetahuan dibuktikan dengan perbedaan signifikansi antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan p-Value 0,000 maka nilai p-Value<0,05. Kesimpulan : Metode storytelling memiliki pengaruh terhadap tingkat pengetahuan anak sekolah dasar kelas 4 dan 5 tentang buah dan sayur Kata Kunci : Anak Sekolah Dasar, Buah dan Sayur, Storytelling, Tingkat Pengetahuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:31
Last Modified: 15 Nov 2023 03:31
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item