PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TIKTOK HIVAIDS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV/AIDS TAHUN 2023

Siti, Meimisa (2023) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TIKTOK HIVAIDS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV/AIDS TAHUN 2023. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang:Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Infeksi tersebut menyebabkan penderita mengalami penurunan kekebalan sehingga sangat mudah untuk terinfeksi berbagai macam penyakit lain. Sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV. Tujuan penelitian:Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi TikTok HIVAIDS terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang pencegahan HIV/AIDS di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia dan SMA N 2 Wates. Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimental penyuluhan tentang HIV/AIDS dengan media TikTok dan kelompok kontrol penyuluhan dengan media leaflet.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia dan siswa kelas X SMA N 2 Wates. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Besar sampel dihitung menggunakan rumus rerata dua populasi independent dengan hasil perhitungan sampel 38 siswa pada kelompok eksperimen, dan 38 siswa pada kelompok control. Uji validitas kuisioner dilaksanakan di SMA N 1 Wates. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian ini terdapat perbedaan efektifitas yang bermakna antara penggunaan media TikTok dan leaflet. Dimana penggunaan media TikTok lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa dibandingkan dengan media leaflet. Kesimpulan:Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan antara kelompok SMA dan kelompok SMK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:58
Last Modified: 25 Oct 2024 04:58
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item