Variasi Penambahan Tepung Bunga Telang ( Clitoria ternatea ) dalam Pembuatan Milang ( Mie Telang ) Ditinjau dari Sifat Fisik, Sifat Organoleptik, dan Kadar Antioksidan

Luluk Nurroyan Hidayati, - (2023) Variasi Penambahan Tepung Bunga Telang ( Clitoria ternatea ) dalam Pembuatan Milang ( Mie Telang ) Ditinjau dari Sifat Fisik, Sifat Organoleptik, dan Kadar Antioksidan. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
AWAL.pdf

Download (643kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
CONCLUSION.pdf

Download (6kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (137kB)
[img] Text
NASPUB_LULUK NURROYAN HIDAYATI_P07131219004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan data dari World Instant Noodles Association (WINA), Indonesia berada di urutan kedua sebagai negara konsumen mie instan terbanyak di dunia. produsen mie telah banyak berinovasi dalam mengembangkan produk mie. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan variasi baru dalam pembuatan mie, yaitu mie dengan penambahan tepung bunga telang (Suarna, W, 2015). Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh variasi tepung bunga telang (Clitoria ternatea) dalam pembuatan milang (mie telang) ditinjau dari sifat fisik, sifat organoleptik,dan kadar antioksidan dalam menghasilkan produk mie telang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni. Desain penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Sederhana (RAS). Perlakuan penelitian adalah variasi penambahan tepung bungatelang dan tepung terigu dalam adonan mie. Dengan empat perlakuan (k=4), dua kali pengulangan (i=2), dan dua kali percobaan (n=2). Sehingga penelitian ini terdapat 16 unit percobaan. Data uji sifat fisik dianalisis dengan cara deskriptif, sedangkan uji sifat organoleptik dan aktivitas antioksidan dianalisis dengan cara uji OneWay Anova. Apabila terdapat perbedaan, maka dilanjutkan dengan uji Duncan Hasil : semakin banyak persentase penambahan tepung bunga telang dalam adonan mie, maka warna semakin gelap, aroma khas mie semakin berkurang, rasa semakin tidak gurih dan terksture semakin tidak kenyal. Terdapat perbedaan yang signifikan pada semua parameter yaitu pada aspek warna, aroma, rasa, dan teksture (p<0,05). Dan terdapat perbedaan yang signifiksn terhadap aktivitas antioksidan mie (p<0,05). Kesimpulan : produk mie telang yang dapat dikembangkan sebagai makanan alternatif yaitu variasi mie dengan penambahan tepung bunga telang 5% Kata kunci : mie, tepung bunga telang, sifat fisik, sifat organoleptik, aktivitas antioksidan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:37
Last Modified: 25 Jan 2024 02:37
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13757

Actions (login required)

View Item View Item