Pemberian Puding “Bimirka” Bit Merah (Beta vulgaris L.) dan Air Kelapa Muda (Cocos nucifera L.) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Pre-Hipertensi pada Karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Sulistyaningrum, Yunita (2023) Pemberian Puding “Bimirka” Bit Merah (Beta vulgaris L.) dan Air Kelapa Muda (Cocos nucifera L.) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Pre-Hipertensi pada Karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (AWAL)
1.AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRACT)
2.ABSTRACT.pdf

Download (687kB)
[img] Text (CHAPTER 1)
3.CHAPTER 1.pdf

Download (650kB)
[img] Text (CHAPTER 2)
4.CHAPTER 2.pdf

Download (710kB)
[img] Text (CHAPTER 3)
5.CHAPTER 3.pdf

Download (706kB)
[img] Text (CHAPTER 4)
6.CHAPTER 4.pdf

Download (681kB)
[img] Text (CONCLUSION)
7.CONCLUSION.pdf

Download (567kB)
[img] Text (REFERENCES)
8.REFERENCES.pdf

Download (709kB)
[img] Text (APPENDICES)
9.APPENDICES.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Prevalensi penduduk yang memiliki tekanan darah tinggi menurut hasil Riskesdas tahun 2018 sebesar 34,11%. Dari total tersebut, 36,85% penderita berjenis kelamin perempuan, sedangkan laki-laki sebesar 31,34% (Kemenkes RI, 2018). Berdasarkan data kunjungan karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di Klinik Pratama pada tahun 2021, proporsi tekanan darah karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang mengalami pre-hipertensi sebesar 33.1%. Salah satu alternatif pengobatan non farmakologi untuk menurunkan tekanan darah adalah mengonsumsi puding bit merah dan air kelapa muda. Bit merah memiliki kandungan kalium yang berperan dalam antihipertensi dan kalium pada air kelapa muda bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tujuan : Untuk mengetahui penurunan tekanan darah setelah pemberian Puding “Bimirka” pada karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta penderita pre-hipertensi. Metode : Jenis penelitian ini bersifat pre quasi experimental (Randomized control one group pretest-posttest). Metode pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta penderita pre-hipertensi dengan sampel sebanyak 21 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan paired sample-t test. Hasil : Rata-rata tekanan darah sebelum intervensi adalah 130,95±5,57 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan 84,95±6,59 mmHg untuk tekanan darah diastolik. Sedangkan rata-rata tekanan darah setelah intervensi 124,38±6,10 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan 80,14±5,92 mmHg untuk tekanan darah diastolik. Hasil penelitian menunjukkaan terdapat perbedaan yang signifikan pemberingan puding Bimirka terhadap penurunan tekanan darah sistolik (p=0,001) dan tekanan darah diastolik (p=0,001) pada karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kesimpulan : Puding Bimirka dapat dijadikan salah satu snack alternatif untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita pre-hipertensi. Kata kunci : air kelapa muda, bit merah, dan pre-hipertensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:37
Last Modified: 25 Jan 2024 02:37
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item View Item