PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN PERAWATAN LUKA PERINEUM PADA IBU POSTPARTUM DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR DI PUSKESMAS GODEAN I

Siska, Sukmarani and Yustianah Olfah and Sari Candra Dewi (2019) PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN PERAWATAN LUKA PERINEUM PADA IBU POSTPARTUM DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR DI PUSKESMAS GODEAN I. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.Chapter 1.doc.pdf

Download (81kB)
[img] Text
3. Chapter 2.doc.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. Chapter 3.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
5. Chapter 4.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
6. Conclusion.doc.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. References.doc.pdf

Download (65kB)
[img] Text
8. Appendices.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Pendidikan kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan individu tentang pemeliharaan kesehatan. Pendidikan kesehatan tentang perawatan luka perineum merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu postpartum. Pengetahuan yang adekuat akan membuat ibu postpartum melakukan pemeliharaan luka perineum dengan baik dan mencegah terjadinya infeksi postpartum. Tujuan:Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan pendidikan kesehatan perawatan luka perineum pada ibu postpartum dengan pemenuhan kebutuhan belajar di Puskesmas Godean I Metode studi kasus: Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif. Subyek studi kasus dalam studi kasus ini adalah dua orang ibu postpartum hari ke-0, mendapat luka jahitan perineum, dan ibu primipara yang belum pernah mendapatkan pendidikan kesehatan perawatan luka perineum. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisa dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan membandingkan dua kasus yang sama. Hasil Studi kasus: Kasus kelolaan dua lebih cepat dalam memahami informasi yang telah diberikan dibandingkan dengan kasus kelolaan pertama. Kesimpulan: Setelah dilaksanakan pendidikan kesehatan perawatan perineum pada kedua kasus kelolaan, diperoleh hasil yang menunjukan adanya perbedaan respon saat dilakukan dievaluasi. Perbedaan kecepatan dalam pemahaman informasi kedua orang responden dapat disebabkan oleh faktor tingkat pendidikan dan usia yang berbeda. Tetapi keduannya telah melalui proses pembelajaran dan pengetahuan keduanya meningkat. Kata kunci : Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Luka Perineum

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi DIII Keperawatan Gigi
Depositing User: analis
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:59
Last Modified: 15 Jul 2019 07:59
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item