Wulandari, Astry (2023) PENGARUH PENYULUHAN TOPIKAL APLIKASI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU DONGENG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN MINAT ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Cover)
1. Awal.pdf Download (810kB) |
|
Text (Abstrak)
2. Abstract.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB I)
3. Chapter1.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB II)
4. Chapter2.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB III)
5. Chapter3.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text (BAB IV)
6. Chapter4.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (Kesimpulan)
7. Conclusion.pdf Download (25kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
8. References.pdf Download (99kB) |
|
Text (Lampiran)
9. Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (FULL TEXT)
ASTRY WULANDARI_P07125219007.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Masalah kesehatan gigi dan mulut yang memiliki prevalensi tinggi adalah karies gigi. Berdasarkan studi pendahuluan melalui kuesioner pada 10 siswa di SD Negeri Nogotirto, diperoleh data bahwa sebanyak 70% siswa belum pernah mendapatkan penyuluhan tentang topikal aplikasi untuk mencegah terjadinya karies gigi. Penyuluhan topikal aplikasi menggunakan media yang salah satunya adalah media buku dongeng diharapkan dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan : Diketahuinya pengaruh penyuluhan topikal aplikasi menggunakan media buku dongeng terhadap tingkat pengetahuan dan minat anak sekolah dasar Metode : Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 60 responden. Variabel penelitian adalah penyuluhan topikal aplikasi menggunakan media buku dongeng dan tingkat pengetahuan dan minat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan uji Mann-Whitney. Hasil : Tingkat pengetahuan topikal aplikasi sebelum diberikan penyuluhan menggunakan media buku dongeng dengan kriteria baik sebesar (46,7%) dan sesudah diberikan penyuluhan menjadi (86,7%). Minat topikal aplikasi sebelum diberikan penyuluhan menggunakan media buku dongeng dengan kriteria tinggi sebesar (56,7%) dan sesudah diberikan penyuluhan menjadi (86,7%). Hasil uji Mann-Whitney diperoleh 0,021 < 0,05 pada tingkat pengetahuan dan 0,029 < 0,05 pada minat, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media buku dongeng terhadap tingkat pengetahuan dan minat anak sekolah dasar. Kesimpulan : Penyuluhan topikal aplikasi menggunakan media buku dongeng meningkatkan pengetahuan dan minat anak sekolah dasar. Kata Kunci : penyuluhan, topikal aplikasi, buku dongeng, tingkat pengetahuan, minat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 04:42 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 04:42 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13104 |
Actions (login required)
View Item |