GAMBARAN TINGKAT DISMENORE PADA MAHASISWA PUTRI DI ASRAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2018

Bety, Nurul Afni and Anita, Rahmawati and Niken, Meilani (2018) GAMBARAN TINGKAT DISMENORE PADA MAHASISWA PUTRI DI ASRAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2018. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
KTI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dismenore adalah perasaan nyeri haid yang intens dan kram tergantung pada tingkat keparahan. Kondisi ini umumnya mempengaruhi 50% wanita hampir disetiap negara di dunia. Dismenore primer sering terjadi pada wanita, kemungkinan lebih dari 50% wanita Indonesia mengalaminya dan 15% diantaranya mengalami nyeri hebat. Menurut hasil PIK-KRR tahun 2009, angka kejadian nyeri haid atau dismenore primer di Indonesia 72,98% dan 45-59% terjadi pada usia perempuan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat dismenore pada mahasiswa putri di Asrama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Jenis penelitian deskriptif, dengan rancangan cross seoctional. Penelitian pada tanggal 12 sampai 14 Juli 2018. Subyek penelitian 111 mahasiswa. Pengukuran tingkat dismenore menggunakan kuisioner. Analisis data univariat dengan menghitung persentase.Hasil penelitian menunjukkan responden mengalami dismenore ringan (61,26%), dismenore sedang (27,03%), dan dismenore berat (11,71%). Berdasarkan karakteristik responden sebagian besar mengalami menarche usia 12 sampai 14 tahun (60,36%), memiliki siklus menstruasi 21 sampai 35 hari (88,29%), lama menstruasi 3 sampai 7 hari (88,29%), memiliki riwayat keluarga dismenore (70,27%), dan melakukan aktivitas sedang (57,66%). Kata Kunci : Menstruasi, Remaja, Nyeri

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Kebidanan
Depositing User: analis
Date Deposited: 04 Jul 2019 01:27
Last Modified: 04 Jul 2019 01:27
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item