ASUHAN BERKESINAMBUNGAN PADA NY E UMUR 23 TAHUN G1P0AB0AH0 UK 35 MINGGU DI PUSKESMAS TURI SLEMAN

RAHAYU, WIDAWATI (2023) ASUHAN BERKESINAMBUNGAN PADA NY E UMUR 23 TAHUN G1P0AB0AH0 UK 35 MINGGU DI PUSKESMAS TURI SLEMAN. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
01 Awal.pdf

Download (202kB)
[img] Text (Abstract)
02 Abstract.pdf

Download (44kB)
[img] Text (Chapter1)
03 Chapter1.pdf

Download (122kB)
[img] Text (Chapter2)
04 Chapter2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (Chapter3)
05 Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (Conclusion)
06 Conclusion.pdf

Download (46kB)
[img] Text (References)
07 References.pdf

Download (122kB)
[img] Text (Appendices)
08 Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
Official URL: http://poltekkesyogya.ac.id

Abstract

ASUHAN BERKESINAMBUNGAN PADA NY E UMUR 23 TAHUN G1P0AB0AH0 UK 35 MINGGU DI PUSKESMAS TURI, SLEMAN SINOPSIS Kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir merupakan suatu keadaan yang fisiologis tetapi dalam prosesnya terdapat kemungkinan terjadi keadaan yang dapat mengancam jiwa ibu dan bayi bahkan dapat menyebabkan kematian., sehingga diperlukan asuhan yang berkesinambungan dan berkualitas dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur minimal 4 kali selama hamil, pertolongan persalinan di tenaga kesehatan, melakukan kunjungan neonatus, ibu pasca bersalin dan memilih alat kontrasepsi yang sesuai pilihan.Asuhan kebidanan secara berkesinambungan merupakan asuhan yang diberikan kepada masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir atau neonates, serta pemilihan metode kontrasepsi atau KB secara komprehensif sehingga mampu untuk menekan AKI dan AKB. Ny E Merupakan salah seorang ibu hamil yang mendapatkan asuhan kebidanan berkesinambungan sejak masa hamil hingga pemilihan kontrasepsi yang akan digunaan pada masa nifas di Puskesmas Turi Asuhan kebidanan kehamilan Ny E pada Trimester III dilakukan 2x dengan keluhan kadang-kadang merasa pegal-pegal dan nyeri pada daerah selangkangan, selain itu keluhan juga dirasakan Ny E menjelang persalinan yaitu perut mulas dan kenceng. Proses persalinan Ny E terjadi pada usia kehamilan 39 minggu di PMB ditolong oleh bidan, proses persalinan berjalan dengan baik dan tidak ada penyulit. Ny E mengalami laserasi perineum dengan penjahitan. Bayi Ny E lahir spontan dengan kondisi baik, BB 2800 gram, PB 47 cm dan tidak ditemukan kelainan fisik. Masa nifas Ny E berlangsung normal dengan dilakukan kunjungan 4x, hasil pemantauan jahitan perineum baik dan tidak ada tanda infeksi, sedangkan pemantaun neonatus dilakukan 3x dengan hasil kondisi bayi Ny E baik. Ny E berencana memberikan ASI Ekslusif pada bayinya. Ny E memilih menggunakan KB IUD pasca salin sesuai dengan pilihannya. Secara keseluruhan asuhan kebidanan berkesinambungan sejak kehamilan Trimester III hingga menjadi calon akseptor KB pada Ny E berjalan dengan baik dan tidak ditemukan adanya penyulit atau masalah baik pada ibu maupun bayi. Keluhan sering BAK dan pegal-pegal pada kehamilan trimester III, mules dan perut kenceng menjelang persalinan merupakan keluhan fisiologis dan sebagai tanda mulainya proses persalinan. Penjahitan perineum dilakukan karena Ny E mengalami laserasi. Pemasangan KB IUD telah dilakukan pada Ny.E pasca persalinan. Asuhan kebidanan berkesinambungan secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik, sehingga perlu dipertahankan. Diharapkan untuk ke depannya pelayanan KIA dan KB dilakukan secara berkesinambungan kepada semua ibu hamil dan calon ibu sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan, Pendidikan Profesi Bidan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:42
Last Modified: 29 Nov 2023 06:42
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item View Item