ASUHAN BERKESINAMBUNGAN PADA NY. E USIA 28 TAHUN G3P2A0 DENGAN ANEMIA DI PUSKESMAS TURI SLEMAN

YULIANAH (2023) ASUHAN BERKESINAMBUNGAN PADA NY. E USIA 28 TAHUN G3P2A0 DENGAN ANEMIA DI PUSKESMAS TURI SLEMAN. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
01 Awal.pdf

Download (176kB)
[img] Text (Abstract)
02 Abstract.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Chapter1)
03 Chapter1.pdf

Download (53kB)
[img] Text (Chapter2)
04 Chapter2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (Chapter3)
05 Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (Conclusion)
06 Conclusion.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (References)
07 References.pdf

Download (172kB)
[img] Text (Appendices)
08 Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://poltekkesyogya.ac.id

Abstract

SINOPSIS Asuhan Kebidanan Berkesinambungan pada Ny.”E” Umur 28 Tahun G3P2A0 UK 33 minggu dengan Anemia di Puskesmas Turi Sleman Anemia adalah penyebab tidak langsung dari kematian ibu. Ibu hamil dengan anemia akan meningkatkan risiko morbiditas dan mortalitas karena menjadi penyebab terjadinya pendarahan postpartum, sedangkan dampaknya pada janin akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Menurut penelitian Nova Winda Setiani bahwa pada semua ibu hamil anemia mengalami persalinan lama. Hal ini sesuai dengan teori Proverawati dan Manuaba bahwa berkurangnya jumlah hemoglobin menyebabkan jumlah oksigen yang diikat dalam darah sedikit sehingga mengurangi jumlah pengiriman oksigen ke organ vital sehingga menyebabkan gangguan his dan kala satu. Kunjungan ANC Trimester ketiga pada Ny E ditemukan ibu Hamil dengan HPHT 23 April 2022, HPL 30 Januari 2023 mengalami anemia dengan kadar Hb 10,6 gr% dan pada tanggal 31 Januari ibu merasa cemas karena sudah melewati HPL namun belum juga bersalin, sehingga ibu diberikan asuhan secara menyeluruh hingga masalah teratasi. Pada tanggal 06 Februari 2023 Ibu bersalin di di PMB Widawati Rahayu secara normal. Bayi lahir pada pukul 20.25 WIB dengan berat normal yaitu 3500 gram, jenis kelamin perempuan, panjang badan 50cm ,lingkar kepala 34 cm, lingkar dada 33cm , lingkar lengan 14 cm. Apgar score: 8/9/9 langsung dilakukan IMD. Ibu memutuskan untuk menggunakan KB IUD pasca salin (pasca placenta) sesuai dengan arahan dan asuhan yang diberikan. Saat KN 2 bayi mengalami penurunan berat badan dari 3500 gram menjadi 3450 gram karena ibu menerima tamu yang tilik setiap hari. Berat badan bayi kembali naik sampai hari ke 42 menjadi 3800 gram. Pada masa nifas, Ny.E melakukan kunjungan nifas lengkap. Asuhan kebidanan ibu nifas yang diberikan pada Ny.E telah sesuai dengan keluhan ibu sehingga masalah dapat teratasi. Ibu menggunakan KB IUD pasca salin sesuai arahan bidan saat ANC trimester 3. Kesimpulan dari asuhan ini adalah ibu hamil dengan Anemia dan tidak mengalami penyakit yang menyertai kehamilan. Persalinannya normal ,tidak ada kelainan, tidak ada komplikasi baik pada ibu dan bayinya. Saran untuk bidan agar dapat mempertahankan asuhan berkesinambungan pada semua pasien ibu hamil sampai dengan persalinan dan Nifas dengan cara memantau secara ketat ibu dan janin saat kehamilan sehingga ketika ditemukan komplikasi dan juga persiapan posisi persalinan dipersiapkan untuk penolong persalinan sehingga pada saat bersalin bisa berjakan lancar dan jika ada penyulit pasien dan petugas dalam kondisi yang nyaman ,dan penatalaksanaan tetap sesuai prosedur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan, Pendidikan Profesi Bidan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 03 May 2023 07:22
Last Modified: 03 May 2023 07:22
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/12277

Actions (login required)

View Item View Item