PENGARUH PENYULUHAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES GIGI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ayu Wulandari, Ayu Wulandari (2022) PENGARUH PENYULUHAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES GIGI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
awal.pdf

Download (684kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (10kB)
[img] Text
references.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac

Abstract

Latar Belakang : Data Riset Kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menujukkan 47,65% penduduk daerah istimewa Yogyakarta masih mengalami gigi rusak atau lubang. Hasil studi pendahuluan pada 10 siswa, pengetahuan siswa terhadap karies gigi menunjukkan 70 % siswa masih kurang memahami mengenai karies gigi, bagaimana cara pengobatan dan pencegahannya dengan baik dan benar, dan 80% siswa memiliki karies gigi Tujuan Penelitian : Diketahuinya pengaruh media video YouTube tentang karies gigi terhadap tingkat pengetahuan pada siswa sekolah menengah atas. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini yaitu dengan Quasi Eksperiment dan menggunakan rancangan pretest posttest with control group. Instrument penelitian ini menggunakan kuisioner karies gigi, populasi penelitian ini siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Sampel berjumlah 60 siswa dengan usia 16-17 tahun, dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa yang diberikan penyuluhan dengan media video YouTube dan metode ceramah. Analisis dengan Wilcoxon Test untuk mengetahui nilai pretest dan posttest tentang karies gigi dan uji Mann-Whitney Test digunakan untuk mengetahui perbandingan pengetahuan karies gigi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil Penelitian : perbedaan hasil tingkat pengetahuan karies gigi dengan kategori baik pada kelas eksperimen 50% dan kelompok kontrol 23%, analis uji Wilcoxon-Test menujukkan nilai p=0,00 (p<0,05). Analisis Mann-Whitney Test rata-rata kelas eksperimen 42,48 > 18.52 kelas kontrol, hal ini menujukkan penyuluhan dengan media video berbasis YouTube lebih berpengaruh dibandingkan dengan penyuluhan menggunakan metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan karies gigi. Kesimpulan : Penyuluhan berbasis video YouTube meningkatkan tingkat pengetahuan karies gigi pada siswa SMA. Kata kunci : Video YouTube, Pengetahuan Karies Gigi

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:05
Last Modified: 05 Jun 2023 07:05
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item