Joko Susilo, Joko Susilo and Nur, Hidayat and Agus, Wijanarka and Isti Suryani, Isti Suryani and Weni, Kurdanti and Panca, Desristanto and Nuraini, Susilo and J.M., Metha Panduan Pengembangan Soal Uji Kompetensi Nasional Khusus Ilmu Gizi. leutikaprio.
Text (Buku Pedoman Penulisan Soal Uji Kompetensi Vokasi Gizi)
181_Buku_cover-panduan-penyusunan-soal-uji-kompetensi-nasional-khusus-ilmu-gizi-2.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
Abstract
Uji kompetensi mahasiswa vokasi gizi (UKVG) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjamin lulusan pendidikan tinggi vokasi gizi yang kompeten dan terstandar secara nasional sebagai dasar dalam menjalankan profesionalisme dalam memberikan pelayanan gizi. UKVG menjadi suatu proses untuk pengukuran pengetahuan, ketrampilan dan sikap mahasiswa gizi sebelum mereka lulus (exit exam). Soal uji yang digunakan dalam proses tersebut harus memiliki kualitas yang baik sehingga proses uji dapat mengukur kompetensi yang sesungguhnya (valid). Buku ini secara lugas dan menggunakan bahasa yang jelas memuat informasi pemanfaatan aplikasi pengetahuan dalam penulisan soal uji, struktur soal uji berupa vignette, lead in dan option, prosedur penulisan soal uji secara sederhana serta menggunakan kasus komplek pada berbagai kasus klinis maupun non klinis. Pemberian contoh-contoh menggunakan berbagai scenario disajikan dalam buku ini diharapkan mempermudah saat seseorang melakukan penulisan soal uji. Kami menyarankan buku ini dimiliki bagi setiap penulis soal uji (item developer), pereviu soal (item reviewer), mahasiswa peserta uji dan pengelola soal uji kompetensi vokasi gizi. Penulisan soal uji yang baik akan memberikan dampak positif pada kualitas pengukuran kompetensi mahasiswa vokasi gizi.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Kepegawaian |
Depositing User: | PAK DOSEN 2020 |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 18:29 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 18:29 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/11649 |
Actions (login required)
View Item |