PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmadani, Aulina (2022) PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (645kB)
[img] Text
2.ABSTRACK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
3.CHAPTER 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4.CHAPTER 2.pdf

Download (203kB)
[img] Text (CHAPTER 3)
5.CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (CHAPTER 4)
6.CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (CONGCLUSION)
7.CONGCLUSION.pdf

Download (151kB)
[img] Text (REFFERENCES)
8.REFERENCES.pdf

Download (279kB)
[img] Text (APPENDICES)
9.Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
Official URL: https://poltekkesjogja

Abstract

Latar Belakang : Usia anak Sekolah Dasar merupakan masa yang paling rentan terhadap terjadinya karies atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya. Melakukan promosi menggunakan media video animasi sangat efektif untuk siswa sekolah dasar, karena video animasi mempunyai karakter tokoh, suara dan cerita yang menarik sehingga bisa menghibur sekaligus mudah dipahami. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh promosi menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian : Jenis penelitian Quasy Experiment Design atau Eksperimen Semu. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan dengan kriteria baik sebelum dan sesudah promosi pada kelompok kontrol adalah 5 orang (15,1%) menjadi 21 orang (63,6%). Sebelum dan sesudah promosi pada kelompok eksperimen dari 7 orang (21,2%) menjadi 30 orang (90,9%). Persentase selisih tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan katagori baik pada kelompok eksperimen adalah 69,7% dan kelompok kontrol 48,5%. Hasil analisis dengan uji Wilcoxon Test menunjukkan kedua kelompok memiliki perbedaan bermakna dengan p=0,00 (p<0,05). Kesimpulan : Ada pengaruh media video animasi tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Video animasi, pengetahuan, kesehatan gigi dan mulut, siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:59
Last Modified: 02 Feb 2023 03:59
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item