HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN ORTHODONSI DENGAN KEPATUHAN KONTROL ORTHODONSI CEKAT DI KLINIK GIGI SWASTA YOGYAKARTA

Edi, Primy Veza (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN ORTHODONSI DENGAN KEPATUHAN KONTROL ORTHODONSI CEKAT DI KLINIK GIGI SWASTA YOGYAKARTA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (COVER)
awal.pdf

Download (870kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (CONCLUSION)
CONCLUSION.pdf

Download (36kB)
[img] Text (REFERENCES)
REFERENCES.pdf

Download (72kB)
[img] Text (APPENDICES)
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Maloklusi di Indonesia memiliki persentase yang tinggi yaitu sekitar 80% dan menempati posisi ketiga masalah kesehatan gigi setelah karies dan penyakit periodontal. Hasil studi pendahuluan didapatkan data 70% pengguna ortodonsi cekat memiliki tingkat pengetahuan yang rendah dan di dapatkan data 60% memiliki kepatuhan kontrol yang buruk. Pengetahuan adalah hasil dari tahu dan ini terjadi setelah seseorang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Kepatuhan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Tujuan: Diketahuinya hubungan pengetahuan tentang perawatan orthodonsi dengan kepatuhan kontrol orthodonsi cekat di klinik gigi swasta yogyakarta. Metode: Jenis Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pasien pengguna ortodonsi cekat yang melakukan perawatan di klinik gigi swasta Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah adalah Teknik Total Sampling. Instrument penelitian berupa kuisioner. Analisis data menggunakan Kendall’s-Tau. Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan tentang perawatan orthodonsi cekat kategori tinggi (33,3%), kategori sedang (43,3%), kategori rendah (23,3%). Kepatuhan Kontrol (53,3%), dan tidak patuh (46,7%). Hasil uji Kendall’s- Tau 0,038 (0,05) sehingga ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang perawatan orthodonsi dengan kepatuhan kontrol orthodonsi cekat di klinik gigi swasta yogyakarta. Kesimpulan: Pengetahuan tentang perawatan orthodonsi berhubungan dengan kepatuhan kontrol orthodonsi cekat di klinik gigi swasta yogyakarta. Kata Kunci: Pengetahuan, Orthodonsi, Kepatuhan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 10 Jan 2023 00:40
Last Modified: 10 Jan 2023 00:40
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/11436

Actions (login required)

View Item View Item