EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBAHASA ISYARAT TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA SISWA/I TUNARUNGU DI SMALB NEGERI

Gita, Asmara Puspa Salsabila and Nur, Hidayat and Rini, Wuri Astuti (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBAHASA ISYARAT TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA SISWA/I TUNARUNGU DI SMALB NEGERI. skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. CHAPTER 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4. CHAPTER 2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
5. CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
7. CONCLUSION.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. REFERENCE.pdf

Download (179kB)
[img] Text
9. APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pada remaja masalah gizi yang saat ini menjadi masalah utama adalah anemia, khususnya anemia defisiensi zat gizi besi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi anemia pada remaja adalah dengan meningkatkan pengetahuan melalui pembelajaran gizi. Pembelajaran gizi dapat dilakukan dengan berbagai metode, tetapi tidak semua orang atau anak bisa menerima berbagai metode pembelajaran dengan mudah. Anak tuna rungu memiliki keterbatasan pada indra pendengaran antara lain bebicara dan berkomunikasi. Adanya keterbatasan pada anak tunarungu ini menuntut adanya media pembelajaran gizi yang dapat dimengerti dan dipahami oleh anak tunarungu yang mengandalkan daya tangkap visual. Media pembelajaran gizi yang digunakan pada penelitian ini adalah video berbahasa isyarat dan slide power point. Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan efektifitas media pembelajaran video berbahasa isyarat dan media pembelajaran slide terhadap pengetahuan tentang anemia pada anak tuna rungu Metode penelitian : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest and posttest with control group design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi SMALB Negeri 1 Bantul, SMALB Negeri 2 Bantul dan SMALB Wiyata Dharma 1 Sleman yang berjumlah 12 responden setiap perlakuan Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pengetahuan tentang anemia pada kelompok video berbahasa isyarat adalah 7,67 sedangkan pada kelompok slide adalah 5,75. Tidak ada perbedaan efektifitas media video berbahasa isyarat dan media slide dalam meningkatkan pengetahuan anemia pada siswa/i tunarungu. ( P = 0,065) Kesimpulan : Tidak ada perbedaan efektifitas media pembelajaran video berbahasa isyarat dibandingkan dengan media slide dalam meningkatkan pengetahuan anemia pada siswa/i tunarungu. Kata kunci : media pembelajaran, video berbahasa isyarat, slide, pengetahuan anemia, tunarungu

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: > Jurusan
Depositing User: Unnamed user with email server@poltekkesjogja.ac.id
Date Deposited: 28 May 2019 01:09
Last Modified: 28 May 2019 01:09
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item